mobilinanews

MotoGP 2021: Petronas atau VR46, Tim Satelit Yamaha Pada 2022?

Selasa, 16/02/2021 13:42 WIB
MotoGP 2021: Petronas atau VR46, Tim Satelit Yamaha Pada 2022?
Lin Jarvis diapit Fabio Quartararo dan Maverick Vinales, komitmen Yamaha di MotoGP hingga 2026. (Foto: crash)

mobilinanews (Italia) - Yamaha baru saja perpanjang kontrak lima tahun sebagai kontestan MotoGP dengan pihak Dorna Sports. Sebelumnya yang sudah teken kontrak baru adalah Ducati, KTM dan Honda. Tinggal satu PR Yamaha yg harus tuntas sebelum musim 2021 berakhir.

"Tak diragukan lagi komitmen Yamaha dalam olahraga ini. Lima tahun ke depan kami sudah pasti di MotoGP. Ini tahun ke-60 kami di kancah balap motor. Hanya sekitar lima atau enam tahun setelah pabrik Yamaha berdiri," kata Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motorsport saat launching tim secara virtual dari Italia kemarin.

Jarvis mengakui pekerjaan rumah yang harus disiapkan Yamaha adalah menentukan tim satelit pada musim 2022 yang harus dibicarakan pada medio April atau Mei mendatang. Kontrak tiga tahun dengan Petronas Yamaha berakhir pada akhir musim 2021.

Apakah Petronas bertahan atau tidak belum jelas, karena ada isu juga kalau tim itu punya opsi jadi tim satelit Suzuki jika Yamaha memilih tim VR46 sebagai tim satelit baru.

Ya, Yamaha memang punya dua pilihan.

"Petronas sudah menunjukkan hasil bagus dalam dua tahun pertama, tahun lalu mereka meraih 6 kemenangan. Jadi, tidak ada keraguan soal kapabilitas mereka sebagai sebuah tim."

"Apakah VR46 akan masuk? Dari apa yang saya pahami saat ini, mereka punya opsi. Dan, saya yakin mereka serius untuk masuk. Jadi, kami akan segera berdiskusi dengan kandidat yang ada, dalam hal ini Petronas dan VR46 jika mereka jadi masuk sebagai sebuah tim. Pada saat ini belum ada keputusan apa pun."

Mempertimbangakn VR46, kata Jarvis, tak lain karena hubungan panjang Yamaha dengan VR46 sebagai perusahaan dan tentunya juga hubungan panjang dan baik dengan Valentino Rossi yang selama ini identik dengan Yamaha.

Hubungan bisnis mereka selama ini adalah merchandise Yamaha yang diproduksi oleh VR46 milik Rossi. Yamaha juga menggunakan fasilitas akademi VR46 di Tavuilla untuk mengasah ketrampilan para pembalap mudanya.

Di sisi lain Sky VR46 Racing sudah gabung di MotoGP tahun ini dengan berbagi garasi dalam tim Avintia Ducati. Adik tiri Rossi, Luca Marini, tampil sebagai pembalap tunggal. Ia bertanding atas nama Avintia tapi livery motor dan struktur timya berbeda dengan rekan setimnya - Enea Bastianini - sebagai rider Avintia.

Buat VR46 sendiri tersedia 3 opsi jika ingin punya tim sendiri di MotoGP. Ada kemungkinan mereka akan ambil alih Avintia di akhir musim. Atau menjadi tim satelit Yamaha dan Suzuki. (rnp)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo