mobilinanews

MotoGP 2021: Begini Prokes Disiapkan Selama Tes dan Seri Pembuka GP Qatar

Jum'at, 19/02/2021 16:48 WIB
MotoGP 2021: Begini Prokes Disiapkan Selama Tes dan Seri Pembuka GP Qatar
CEO Dorna Sports Carmelo Ezpelata kala menghadap PM Qatar Seikh Khalid bin Khalifa bin Abdulaziz al-Thani. (Foto: gulf-times)

mobilinanews (Qatar) - Masih banyak kasus Covid-19 di berbagai negara, termasuk Qatar. Tapi, sesi tes dan awal kompetisi MotoGP 2021 di negara itu tetap harus digelar sesuai jadwal. 

Untuk itulah pakbos Dorna Sports Carmelo Ezpeleta merasa perlu datang khusus ke Qatar dan bertemu Perdana Menteri Sheikh Khalid bin Khalifa bin Abdulaziz al-Thani. Tujuannya adalah mengamankan event besar itu dengan protokol kesehatan yang sangat ketat, tentunya dengan koordinasi khusus dengan otoritas kesehatan Qatar.

Hasilnya pun keluar sejumlah aturan khusus untuk seluruh rombongan MotoGP, Moto3 dan Moto2 untuk dilaksanakan.

Seluruhnya harus punya sertifikat bebas C19 yang berlaku 72 jam sejak naik pesawat dari masing-masing negara menuju Doha, Qatar. Sesampainya di bandara Doha, semuany aharus ikut PCR ulang.

Sembari menunggu hasil maka semuanya dikarantina di hotel (disiapkan 4 hotel besar) yang juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas kesehatan. Jika ada yang positif C19 dalam tes tadi maka urusannya langsung dengan pihak kesehatan Qatar.

Yang negatif tetap harus berada di hotel. Secara acak akan dilakukan tes ulang PCR. Selama itu tak ada alasan apa pun untuk kelua dari halaman hotel. Mereka hanya boleh pergi ke sirkuit Losail dengan transportasi khusus. Tak ada yang  boleh menyewa mobil. Masuk sirkuit, prokes standar pun berlaku.

Pulang dari sirkuit, semuanya kembali ke status karantina di hotel.

Tes MotoGP berlangsung 6-7 Maret serta 10-12 Maret 2021, sementara balap pembuka dijadwal pada 28 Maret yang kemudian  disusul seri kedua di trek sama pada akhir pekan berikutnya.

Bagaimana kalau Valentino Rossi atau yang lain ingin pulang seusai tes, tak ingin menunggu lama hingga seri pertama?

Boleh, tapi saat kembali maka prosedur awal kembali harus dijalani.

Kekecualian diberikan kepada pembalap dan kru Moto3/Moto2 yang jalani tes pra musimnya pada 19-21 Maret. Usai tes mereka tak boleh kemana-mana hingga tuntas dua seri awal di Sirkuit Losail.  

Kesimpulannya, rombongan balap grand prix ke Qatar kali ini hanya untuk latihan dan balapan. Tak ada acara promosi, temu fans dan sebagainya. (rnp)

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo