mobilinanews

F1 2021: RB16B Meluncur, Jadi Penentu Kursi Max Verstappen di Red Bull

Jum'at, 19/02/2021 21:19 WIB
F1 2021: RB16B Meluncur, Jadi Penentu Kursi Max Verstappen di Red Bull
RB16 yang menjadi RB16B pada musim 2021, pertaruhan terakhir Honda bersama Max Verstappen. (Foto: skysport)

mobilinanews (Inggris) - Tim Red Bull memilih tanggal 23 Februari 2021 jadi `hari baik` untuk memperkenalkan RB16B ke hadapan fans F1 dari markas mereka di Milton Keynes, Inggris.

Mobil ini yang akan menentukan apakah Max Verstappen masih berseragam Red Bull atau tidak  di musim 2022.

Pemimpin Red Bull sudah akui ada klausul yang memberikan kebebasan Verstappen pindah tim jika ia tak puas dengan besutan 2021.

Belakangan dengan durasi kontrak Lewis Hamilton yang hanya setahun bersama Mercedes maka timbul spekulasi kalau waktu yang singkat itu bukan sebuah kebetulan.

Tapi, memang dibuat menjadi celah Mercedes mendapuk Verstappen jika Hamilton memilih pensiun.

"Itu tak akan terjadi jika kami bisa memberikan mobil kompetitif seperti yang diinginkan Max, seperti yang kami semua inginkan," kata Team Principal Red Bull Christian Horner menyinggung potensi kehilangan Verstappen di akhir tahun nanti.

Berkaca pada plus minus RB16 di musim 2020, Horner menyebut kelemahan terbesar mobil mereka adalah tidak konsisten sama sekali. Bagus pada trek tertentu tapi sebaliknya pada karakter sirkuit yang berbeda. Tidak seperti Mercedes yang cenderung stabil di semua sirkuit.

"Kami sudah memahami itu. Aspek ini sangat penting karena jadwal balap musim 2021 berlangsung dalam 23 putaran. Harus diusahakan mobil cocok di semua sirkuit," kata Horner.

Dengan kebijakan pembekuan mesin untuk mengatasi beban biaya akibat pandemi C19, praktis yang bisa disentuh adalah aspek di luar mesin. Khususnya pengambangan sasis dan aerodinamika.

Pada area ini yang berubah sekitar 40% dari versi RB16, dan karenanya kode mobil tahun ini menjadi RB16B karena basisnya memang mobil tahun lalu.

Apakah RB16B seperti yang diinginkan Verstappen? Masih butuh waktu panjang untuk mengetahuinya. Yang jelas, bukan hanya pembalap Belanda itu yang ngotot dan siap berjuang keras untuk menjadi juara dunia 2021.

Honda selaku pemasok mesin pun sama besar hasratnya. Maklum, pabrikan Jepang ini akan out dari peredaran F1 di akhir musim 2021.

Karena itu semua enerji yang mereka punya akan ditumpahkan musim ini, tak lain untuk membantu Verstappen mewujudkan ambisinya.

Tahun ini Verstappen bergandengan dengan rekan setim yang baru, Sergio Perez. Bagi pembalap Meksiko itu, launching pada 23 Februari nanti merupakan penampilan resmi perdananya bersama tim.

Dan, juga menarik menunggu apakah RB16B juga cocok buat Perez. Atau jangan-jangan malah lebih cocok di bawah kendalinya, mengingat ia salah satu driver F1 yag udah beradaptasi. (rnp)

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo