mobilinanews

F1 2021: Yuki Tsunoda, Roket Jepang di Skuad AlphaTauri

Jum'at, 19/02/2021 22:32 WIB
F1 2021: Yuki Tsunoda, Roket Jepang di Skuad AlphaTauri
Yuki Tsunoda, pembalap muda Jepang di skuad AlphaTauri 2021. (Foto: racingnews)

mobilinanews (Italia) - Hari ini AlphaTauri me-launching mobil kompetisi 2021 mereka, AT02, dengan livery putih hitam seperti musim lalu. Pembalap ruki Yuki Tsunoda menjadi salah satu yang paling menarik dari AlphaTauri 2021.

Pembalap Jepang berumur 20 tahun itu hinggap di level F1 dengan sangat cepat, seperti sebuah roket. Menjadi juara F4 2018 di Jepang, ia langsung dikirim Honda ke Eropa. Dipertarungkan di kancah F3 pada 2019 sembari melancarkan Bahasa Inggris, dan finish di urutan 7.

Naik ke F2 pada 2020, Tsunoda menjadi rookie of the year dengan capaian menembus 3 Besar dunia. Dan, tahun ini ia mendarat di AlphaTauri dengan status calonrookie of the year. Bersaing dengan dua debutan tim Haas, Mick Schumacher dan Nikita Mazepin yang juga alumnus F1 2020.

"Saya sangat senang bisa lulus ke F1 dengan begitu cepat. Ini bukan hanya karena hasil, tapi juga keberuntungan. Yang perlu saya lakukan adalah menjaga kepercayaan bos dengan berjuang memberikan hasil terbaik di semua seri lomba, seperti selalu saya lakukan," ujar Tsunoda yang menjadi pembalap Jepang terbaru di grid F1 sejak Kamui Kobayashi pada 2014.

 Gaya bertarung Tsunoda sendiri sudah mendapat perhatian di F2.t Agresif dan cenderung terlalu berani, membuat aksi menyalipnya jadi kesukaan penonton. Dengan kelas AlphaTauri sebagai tim plus pasokan mesin Honda yang tengah jor-joran di musim terakhirnya,Tsunoda diyakini bisa main regular di level tengah kompetisi. Sekaligus membuat peluang ruki terbaik lebih kuat dibandingkan duet tim Haas.

Keyakinan lain adalah minat F1 yang akan berlipat di Jepang. Ia akan jadi sorotan semua pihak. Ini diakui Toyoharu Tanabe, Direktur Teknik Honda F1.

"Perhatian dan harapan besar di Jepang bisa jadi akan menjadi beban ekstra baginya. Tapi, saya berharap ia tetap lanjutkan gaya balap agresifnya di F1. Honda memberikan semua dukungan yang bisa membuatnya meraih sukses," ujar Tanabe yang jelas tak merasa percuma `menyekolahkan` dan membiaya semua program balap Tsunoda di Eropa. (rnp)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo