mobilinanews

WRC 2021 Rally Arctic: Perburuan Rekor Kalle Rovanperra di Atas Yaris WRC, Pecahkan Rekor Latvala

Rabu, 24/02/2021 23:33 WIB
WRC 2021 Rally Arctic: Perburuan Rekor Kalle Rovanperra di Atas Yaris WRC, Pecahkan Rekor Latvala
Kalle Rovanpera, 20 tahun, mengejar rekor termuda pemenang seri WRC. (Foto: autosport)

mobilinanews (Finlandia) - Kalle Rovanperra memang hanya pereli ketiga di skuad Toyota Gazoo Racing di bawah Sebastien Ogier dan Elfyn Evans. Tapi, driver belia asal Finlandia itu salah satu titik perhatian ke putaran kedua kejuaraan dunia WRC 2021, Rally Arctic di Finlandia akhir pekan ini.

Finish ke-4 di Monte Carlo lalu membuktikan kemampuan Rovanpera yang tak lagi bisa dipandang sebatas pereli yunior. Debutnya dalam tim Toyota pada 2020 pun layak diapresiasi, selalu finish di zona 5 Besar dan menempatkannya dalam 5 Besar klasemen 2020.

Catatan itu membuatnya layak membidik kemenangan perdana di arena WRC. Waktu dan tempatnya adalah Arctic Rally pada 26-28 Februari 2021. Ia sangat familiar dengan lintasan salju di pinggiran Lingkar Arctic yang suhunya bisa mencapai minus 30 derajat celcius itu. Tahun lalu dalam status kejuaraan nasional Finlandia, Rovanpera sukses jadi juara di sana. Dan, inilah bekalnya membidik kemenangan WRC perdana pekan ini.

"Kemenangan tahun lalu tak berarti apa-apa buat pereli sekelas WRC saat ini. Tapi, bagi saya, itu sangat penting. Menjadi modal semangat dan kepercayaan diri untuk meraih P1 perdana di WRC," kata anak muda kelahiran 1 Oktober 2000 itu.

Jika ia juara, maka itu sekaligus rekor baru pereli termuda yang sanggup memenangkan seri WRC. Rekor saat ini dipegang oleh pereli Finlandia lainnya, Jari-Matti latvala, yang saat ini tak lain adalah bos Rovanpera selaku Team Principal Toyota Gazoo Racing. Latvala menjadi pemenang termuda saat menjuarai Rally Sewdia 2008 dalam usia 22 tahun 313 hari. Artinya, Rovanpera akan melampauinya dengan selisih 2 tahun lebih muda.

Sanggupkah Rovanpera?

Ogier sang senior di tim Toyota dan juga pemilik 7 gelar juara dunia yang angkat bicara.

"Sangat terbuka kemungkinannya. Kalle memang masih muda, tapi untuk lintasan salju jelas ia punya pengalaman bagus. Ingat tahun lalu di Swedia saat ia finish podium," ucap Ogier yang saat itu dikalahkan Rovanpera.

Medan salju, khususnya Arctic, bukanlah trek baru bagi Rovanpera. Ia selalu kencang di permukaan yang licin itu.

"Tahun lalu dengan Yaris ia paling kencang di sini. Kini ia datang dengan mobil yang sama. Saya kira ia berpeluang mencetak sejatah baru di WRC," kata Ogier. (rnp)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo