mobilinanews

F1 2021: Masih Banyak Yang Tersembunyi Dalam RB16B Besutan Max Verstappen

Kamis, 25/02/2021 01:20 WIB
F1 2021: Masih Banyak Yang Tersembunyi Dalam RB16B Besutan Max Verstappen
Trek basah Sirkuit Silverstone, Inggris, aksi perdana RB16B di lintasan. (Foto: redbullcontentpool)

mobilinanews (Inggris) - Setelah launching dua hari lalu, mobil kompetisi tim Red Bull di 2021 tampil perdana di Sirkuit Silverstone pada Rabu (24-2-2021). Dari tampilan RB16B itu tak banyak detil yang sudah bisa dibongkar dan dianalisa pengamat maupun para jurnalis senior F1. 

Kalau dalam sebuah acara launchng biasanya banyak informasi atau foto yang ditebar, kali ini Red Bull justru sebaliknya. Launching secara virtual itu hanya dilengkap dengan video pendek plus dua foto studio dari sisi samping dan depan. Dari situ tampak perubahan kecil pada nose dan sayap depan. Memang ada perubahan mencolok pada suspensi dan bagian belakang mobil, namun itu sesuai tuntutan regulasi 2021 yang mengharuskan floor belakang lebih ramping dari sebelumnya.

Apakah itu sudah desain sesungguhnya dari besutan Red Bull 2021? Pertanyaan sama muncul saat Sergio Perez menggelindingkan RB16B kali pertama di lintasan Silverstone untuk kegiatan film dan promosi.

Pertanyaan wajar karena Red Bull mengklaim mobilnya berubah 40% dari versi RB16 tahun lalu. Sebanyak 60% part lama masih dibenamkan pada mobil ini. Karena itu tak bisa disebut sebagai mobil baru dan karena itu juga seri identifikasi RB17 dihilangkan. Dari RB16B akan loncat ke RB18 tahun depan saat mobil baru diproduksi.

Lantas, yang mana saja perubahan 40% itu, yang disebut-sebut sebagai modal menantang Mercedes tahun ini?

"Kita memang harus selalu menunggu tes resmi atau balapan pertama untuk tahu. Red Bull selalu memasangkan komponen barunya pada menit-menit terakhir," komentar jurnalis senior Lawrence Barretto di formula1.com.

Artinya, evolusi teknis yang disebut Team Principal Christian Horner belum tampak sama sekali dari dua penampakan RB16B saat launching maupun tampil prdana di Silverstone. Yang jelas Red Bull sangat percaya diri dengan mobil ini, dengan keberanian memancang target melawan Mercedes dan Lewis Hamilton di kejuaraan 2021. (rnp)

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo