mobilinanews

MotoGP 2021: Tunggu Gebrakan Cal Crutchlow, Bos Yamaha Mulai Penasaran

Jum'at, 26/02/2021 18:50 WIB
MotoGP 2021: Tunggu Gebrakan Cal Crutchlow, Bos Yamaha Mulai Penasaran
Cal Crutchlow (Inggris/Tester Yamaha), pembuktian diri emas atau tembaga buat Jorge Lorenzo. (Foto: bikesportnews)

mobilinanews (Italia) - Sejak menggantikan Jorge Lorenzo sebagai test rider Yamaha, Cal Crutchlow sama sekali belum mengendarai M1.

Tanpa private test seperti lazimnya, eks pembalap Ducati dan Honda itu lansung jajal M1 spek 2021 di ajang tes resmi Losail, Qatar, pekan depan.

Dari markas Yamaha di Italia, dua petinggi tim mengaku sudah tak sabar menunggu aksi pembalap Inggris itu sebagai tester. Direktur Pelaksana Yamaha Lin Jarvis menyebut banyak tugas dan banyak part yang harus diuji Crutchlow.

Pasalnya, M1 2021 yang dibangun di Jepang sama sekali belum menggelinding di sirkuit. Tester Jepang pun kabarnya belum menguji di lintasan. Sedangkan Crutchlow yang tinggal di Inggris pun kesulitan ke Jepang karena aturan karantina terkait Covid-19.

"Kami sangat bergantung pada masukannya di kesempatan perdana. Ini sangat penting," kata Jarvis.

Berbeda dengan pembalap regular, Cructchlow akan memiliki jatah tes selama 6 hari. Sehari lebih banyak dari dua rider pabrikan Yamaha, Maverick Vinales dan Fabio Quartararo.

Ia turun lebih awal pada 5 Maret 2021 dalam sesi shakedown yang khusus buat tester dan para pembalap rookie. Setelah itu gabung dengan yang lain pada 6-7 serta 10-12 Maret.

"Saya sangat penasaran menunggu apa yang bisa diberikan Cal kepada tim. Saya berharap itu sesuatu yang sangat kuat," kata petinggi Yamaha lainnya, Drektur Tim Massimo Meregalli.

Meregalli juga berharap Crutchlow tak kesulitan untuk beradaptasi ulang dengan M1 yang pernah ia besut saat bersama tim Yamaha Tech3 sebelum pindah ke Ducati dan terakhir di LCR Honda. 

Tak hanya kedua bos di atas, Vinales pun ikut berharap dapat masukan mantap dari Crutchlow untuk pengembangan M1 2021. Lima hari tes, kata Vinales, bakal sangat padat dan perlu kerja keras bersama.

Selain menguji semua part dan performanya, tim juga sudah harus gunakan sei ini untuk membangun set up motor buat dua race di Qatar plus putaran ketiga di Portimao, Portugal.

"Tapi, saya yakin pengalaman Cal akan sangat membantu," ujar Vinales.

Dan, jangan lupa, fans MotoGP juga ikut penasaran menunggu gebrakan Crutchlow sebagai tester. Lorenzo memberikan komentar miring saat Yamaha memecatnya dan mengambil Crutchlow.

Juara dunia MotoGP 3 kali itu menyebutnya sebagai mengganti emas dengan tembaga. Itu yang harus dibuktikan Crutchlow, siapa sesungguhnya yang jadi tembaga. (rnp)

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo