mobilinanews

F1 2021: Inovasi Baru di Mercedes W12, Pakai Power Unit Kali Pertama

Kamis, 04/03/2021 21:29 WIB
F1 2021: Inovasi Baru di Mercedes W12, Pakai Power Unit Kali Pertama
Mercedes W12 besutan Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas tahun ini, bakal lebih garang dari W11? (Foto: mercedes)

mobilinanews (Inggris) - Tahun lalu mesin Mercedes terbukti paling andal di grid F1. Tapi, pabrikan Jerman itu tak juga puas dan terus berinovasi. Tahun ini mereka akan bawa `komponen` baru pada power unit (PU) W12. Ini kali pertama Mercedes melakukan modifikasi macam itu.

Akan seperti apa hasilnya?

Setiap tahun para insinyur Mercedes membawa teknologi baru ke grid F1. Tahun lalu, misalnya, mereka mengusung teknologi apa yang disebut Dual Axis Steering (DAS) yang kemudian bikin heboh jaga F1 karena membuat performa W11 lebih stabil di trek lrus maupun di dalam tikungan.

Hanya dengan cara menekan atau menarik batang kemudi di dalam kokpit, pada setiap saat pembalap membutuhkannya.

Karena protes keras tim rival, DAS kemudian dilarang FIA tahun ini. Tapi, Mercedes terus saja berinovasi. Hywel Thomas, bos Mercedes High Performance Powertrains, mengakui telah mengembangkan teknologi baru di PU mereka dan untuk kali pertama dibenamkan pada jeroan W12.

"Itu adalah proses pengembangan yang berkelanjutan. Baru kali ni diperkenalkan. Dengan part ini kami merasa bisa melangkah lebih ke depan lagi pada tahun ini. Tahun lalu struktur PU kami terbuat dari aluminium tapi kinerjanya tidak seperti diharapkan, tahun ini kami datang dengan paduan baru," kata Thomas yang tentu saja tak membuka detil teknis barang barunya.

Mengacu pada performa W11 tahun lalu, Thomas akui pihaknya kurang puas dengan reliabilty W11 dan tahun ini sudah berubah dengan mengganti beberapa desain terkait.

Pengembangan minor lainnya, katanya, modifikasi turbocharger untuk mengurangi dampak panas yang tahun lalu sempat jadi kendala di beberapa race.

Intinya, Mercedes tak puas dengan kemenangan tahun lalu meski sudah dominan di sepanjang musim. Mereka terus bergerak dan `membuang uang` dalam pengembangan teknis dan itu salah satu yang disebut sebagai nilai tambah Mercedes dibandingkan pabrikan lainnya.

Karena baru kali ini diperlkenalkan maka hasil pengembangan di W12 baru akan diketahui pada tes pra musim di Bahrain dua pekan lagi.

Akankah bikin heboh seperti kehadiran DAS di awal musim 2020? (rnp)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo