mobilinanews

Siapkan Sirkuit Baru, Hungaria Pastikan Jadi Tuan Rumah MotoGP Mulai 2023

Jum'at, 05/03/2021 22:20 WIB
Siapkan Sirkuit Baru, Hungaria Pastikan Jadi Tuan Rumah MotoGP Mulai 2023
Juara dunia GP 125cc 2007 Gabor Talmacsi, figur penting di jalur masuknya MotoGP ke Hungaria. (Foto: ultimatemotoracing)

mobilinanews (Hungaria) - Setelah sukses menggelar rutin balap F1 di Sirkuit Hungaroring, mulai 2023 Hungaria juga bakal jadi tuan rumah penyelenggara balap MotoGP. Sebuah sirkuit baru super modern tengah disiapkan di Debrecen, kota terbesar kedua Hungaria setelah ibukota Budapest.

CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta sudah melihat maket trek baru yang mulai dibangun tahun ini, lengkap dengan fasilitasnya. Promotor dan pemilik hak komersial MotoGP dan WSBK itu langsung menyebutnya sebagai salah satu sirkuit modern terbaik di masa depan.

Ezpeleta sendiri sudah berada di Budapest dan menandatangani kontrak MotoGP mulai 2023 bersama Menteri Teknologi dan Inovasi nasional Hungaria, Laszlo Palkovics. 

Hadir dalam acara itu satu-satunya legenda balap motor Hungaria, Gabor Talmacsi yang merupakan juara dunia 125 cc pada musim 2007. Ia juga akan terlibat dalam pembangunan dan pengembangan sirkuit baru.

"Sirkuit ini adalah investasiyang sangat signifikan, tapi sepadan dengan apa yang akan kami raih. Ini adalah investasi ekonomi yang sangat bagus," ucap Palkovics menyebut alasan negeri di Eropa Tengah itu kini melirik MotoGP.

Talmacsi sendiri mengaku terharu karena pemerintah negaranya akhirnya membangun trek baru, mendatangkan MotoGP dan tentunya membuka peluang untuk anak-anak muda Hungaria mengikuti jejaknya menjadi pembalap motor dunia.

"Saya mewakili negara saya selama 10 tahun di MotoGP. Sekarang dengan posisi yang berbeda saya masih mewakili negara untuk mendukung proyek-proyek motorsport seperti ini. Ini sangat emosional bagi saya karena pada dasarnya saya suka motor dan balapan," katanya.

Buat Ezpeleta jelas sekali kalau pertimbangan bisnis menjadi poin penting pemilihan Hungaria menjadi tuan rumah di tengah banyak negara yang antri menjadi penyelenggara.

Hungaria yang berdekatan dengan negara Slowakia, Ukraina dan Rumania adalah pasar yang besar tak hanya untuk melahirkan para pembalap baru, tapi juga jumlah fans besar untuk dijangkau siaran langsung televisi. (rnp)

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo