mobilinanews

Tes MotoGP 2021 Qatar: Debut di Tim Pabrikan, Quartararo Belum Klik Dengan M1

Minggu, 07/03/2021 18:50 WIB
Tes MotoGP 2021 Qatar: Debut di Tim Pabrikan, Quartararo Belum Klik Dengan M1
Fabio Quartararo (Prancis/Yamaha). (Foto: therace)

mobilinanews (Qatar) - Dari 10 tim MotoGP musim ini hanya 1 tim yang meluncur dengan duet pembalap sanma dengan musim 2020. Berarti ada 9 pembalap yang tahun ini lakoni debut dengan tim baru, sekaligus motor baru. 

Salah satu dari 9 orang itu adalah Fabio Quartararo yang naik dari tim satelit Petronas Yamaha ke tim pabrikan Yamaha tahun ini.

Meski masih tetap menggunakan M1, Quartararo butuh setengah hari dari tes perdana di Qatar kemarin. Tak lain karena usai kompetisi tahun lalu ia banyak latihan dengan Yamaha R1 vesi jalan raya yang jelas banyak beda dengan M1 spek pabrik.

"Sempat kesulitan di bagian awal tes meski akhirnya mulai terbiasa. Kalau ditanya plus dan minus motor ini dibandingkan tahun lalu, saya belum tahu. Perlu satu hari tes lagi untuk memhami hal itu," kata pembalap Prancis itu yang menempuh 69 laps di hari pertama dan berada di urutan 15 tercepat sementara rekan ssetimnya - Maverick Vinales 0 berada di urutan 9.

Hari ini, Minggu (7-3-2021), tes lanjutan berlangsung. Seperti tes hari pertama, fokus Yamaha sepertinya tercurah pada sasis baru.

Tiga punggawa M1 2021 (termasuk Valentino Rossi di tim Petronas Yamaha) ditengarai kurang maksimal pada hari pertama karena efek dari kerangka motor itu.

Beda dengan Franco Morbidellli, pembalap satelit yang masih gunakan sasis 2019 dan berada di urutan 6 tercepat.

Quartararo dan Vinales tentu saja tak harus cepat mengambil kesimpulan sebelum tuntas hari kedua tes. 

"Kami punya satu hari lagu untuk mengujinya dengan benar. Mencoba dan merasakan semua detilnya," ucap salah satu favorit juara 2021 yang mengaku pada hari sebelumnya tidak tampil 100%, karena adaptasi itu tadi.

Ia pn maengaku harus juga beradaptasi dengan tim barunya dengan nuansa yang berbeda setelah dua tahun bersama tim satelit. Dengan tekanan yang juga berbeda.

"Saya baru satu hari menjadi pembalap pabrikan, terlalu dini untuk mengetahui segala sesuatunya. Yang jelas saya merasa punya tanggung jawab lebih besar di sini dan saya menyukai tantangan seperti ini," katanya.

Quartararo jadi sorotan saat debutnya di musim 2009 yang terbilang luar biasa sehingga sangat layak jadi Rookie of the Year. Itu yang membuatnya naik ke tim pabrikan 2021 meski kompetisi 2020 saja belum berlangsung. Ia bertukar tempat dengan Valentino Rossi. (rnp)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo