mobilinanews

Mobil Kerap Oleng, Saatnya Roda Dispooring

Rabu, 10/03/2021 16:40 WIB
Mobil Kerap Oleng, Saatnya Roda Dispooring
Mobil mendapatkan balancing atau spooring untuk memberikan kenyamanan berkendara pada penumpang

mobilinanews (Jakarta) - Komponen roda kendaraan membutuhkan keseimbangan agar mobil tetap seimbang dan tidak limbung saat berakselerasi. Roda kendaraan yang telah lama dipakai kerap mengalami keausan sehingga terjadi penyimpangan pada sudutnya.

Penyimpangan pada sudut roda ini yang perlu dikembalikan agar letak roda kembali normal sehingga nyaman berkendara. Untuk itu dibutuhkan spooring dan balancing secara berkala untuk menjaga kestabilan letak roda tersebut.

Tujuan utama dari proses spooring dan balancing mobil adalah untuk menyelaraskan antara posisi roda kanan dan kiri. Efek yang ditimbulkan dari tidak seimbangnya roda kiri dan kanan ini bisa membuat mobil limbung dan bahkan berat sebelah, mengutip berbagai sumber.

Lalu apa saja indikasi mobil perlu mendapat spooring dan balancing untuk memberikan kenyamanan saat berkendara? Berikut beberapa tanda yang bisa menjadi pengingat roda perlu mendapat maintinance.

- Permukaan ban sudah tidak rata. Penggunaan ban di berbagai lokasi dengan medan yang berbeda, kerap menggerus permukaan ban. Bisa saja salah satu ban atau kedua-duanya pada satu garis horosintal karena itu perlu di balancing. Balancing biasa dilakukan untuk ban depan

- Apabila ban yang dalam kondisi tidak balance, pada bagian tertentu menjadi berat atau terlalu ringan. Spot ketika masa diputar pada porosnya akan nampak pergerakan berputar secara tidak merata naik turun dan gelombang ke kanan dan ke kiri.

- Ketika kedua ban mobil menerima beban tidak merata pada setiap sisinya atau sisi lateral pelek dan ban. Hal ini menyebabkan kendaraan kerap oleng karena, kondisi ban yang meliuk. Ini membuat stir mobil kita menjadi berat dan mengalami getar.

Sebagai catatan, mobil yang sudah dipakai dengan jarak melewati 10 ribu km sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan perlu mendapat balancing atau spooring agar kondisi kaki-kakinya tetap sehat.(Elk)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo