mobilinanews

Masalah Kelistrikan, 380 Ribu Unit Mobil Listrik Kia Ditarik dari Pasar

Rabu, 10/03/2021 17:40 WIB
Masalah Kelistrikan, 380 Ribu Unit Mobil Listrik Kia Ditarik dari Pasar
Salah satu mobil Kia Sportage saat melakukan test drive pasca peluncuran

mobilinanews (Jakarta) - Dua raksasa asal Korea Selatan, masing-masing Kia dan Hyundai terus mengembangkan mobil litsrik mereka yang mejangkau berbagai negara di dunia. Produk mereka cukup meyakinkan hingga menembus pasar Amerika dan Eropa.

Namun hal itu, bukan berlangsung tanpa masalah. Kabar terbaru yang cukup mengganggu datang dari Kia. Dua mobil listriknya yakni Sportage dan Cadenza mengalami masalah pada sirkuit listrik sehingga harus ditarik atau direcall untuk perbaikan.

Rauters, Selasa (9/3/2021) melaporkan jumlah penarikan kendaraan Sportage dan Cadenza yang mengalami masalah tersebut menembus angka 380 unit kendaraan, sehingga cukup mengganggu pemasarannya di Negeri Paman Sam.

Otoritas keselamatan berkendara Amerika (NHTSA), telah menemukan kerusakan pada sirkuit kelistrikan, yang sangat berbahaya dan fatal karena dapat menimbulkan kebakaran pada saat-saat tertentu. Mobil yang terkait dengan penarikan adalah kendaraan yang diproduksi pada tahun 2017 hingga 2021.

Berkaitan dengan itu, pihak Kia telah mengirimkan surat kepada semua dealer untuk mengabarkan pada semua pemilik kendaraan yang mangalami masalah tersebut untuk segera melaporkannya untuk mendapat penanganan lanjutan.

Perbaikan yang dilakukan pada mobil yang terdampak dilakukan dengan mengganti beberapa sekering di kotak sambungan listrik, agar semua perangkat listrik bisa berfungsi normal kembali dan tidak terjadi korsleting.

Kia menyarankan pemiliknya untuk memarkir mobil di tempat yang aman, sebagai tindakan pencegahan sampai perbaikan dalam penarikan selesai dikerjakan. Penarikan kembali dipicu oleh hal serupa yang terjadi di pasar Korea.

Beruntung sampai saat ini, tidak ada laporan menyangkut kejadiaan naas yang mengakibatkan kebakaran, kecelakaan atau cedera karena masalah tersebut. Namun untuk menjaga keselamatan konsumen mereka tetap meminta pemilik agar segera memeriksakan unitnya ke bengkel resmi Kia.(Elk)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo