mobilinanews

Masalah Airbag Takata, Ford Tarik 2,9 Juta Mobil di Amerika

Selasa, 16/03/2021 10:05 WIB
Masalah Airbag Takata, Ford Tarik 2,9 Juta Mobil di Amerika
Kantong udara atau airbag mobil yang mengembang saat uji coba tabrakan dalam sebuah sesi pengetesan mobil oleh otoritas keselamatan berkendara

mobilinanews (Amerika) - Raksasa otomotif asal Amerika, Ford diterpa kabar tak sedap. Pasalnya jutaan mobil mereka terpaksa harus ditarik dari pasar untuk perbaikan setelah mengalami masalah serius pada komponen safety.

Penarikan atau recall yang dilakukan oleh Ford mencapai 2,9 juta unit mobil yang telah beredar di pasar. Hal ini harus segera dilakukan karena kendaraan mengalami malfungsi air bag atau kantung udara sehingga sangat berbahaya, melansir Rauters, Selasa (16/3/2021).

Masalah inflator kantong udara ini bukan merupakan masalah pertama yang di alami merek otomotif. Penarikan masal sudah pernah dilakukan oleh merek-merek ternama dunia. Sebut saja Jeep. Pada tahun 2017 mereka juga menarik belasan ribu Wrangler terkait masalah airbag.

Ford Motor Co akan mengumumkan penarikan akan mulai dilakukan pada 1 April 2021, yang melibatkan berbagai model mobil di Amerika Utara. Masalah airbag ini masih mengaitkan nama lama yang sering bermasalah yakkni Takata.

Kabarnya kantong udara Takata pada bagian pengemudi mengalami masalah sehingga berpotensi malfungsi, sehingga dapat membahayakan jiwa pengguna mobil saat terjadi benturan kencang pada mobil. Untuk itu, regulator keselamatan meminta perbaikan segera dilakukan.

Teguran sudah dilayangkan sejak Januari. Saat itu, Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) menemukan adanya laporan dari konsumen terkait masalah tersebut. Tapi kemungkinan Ford masih melakukan pendalaman dengan memeriksa kondisi kendaraan mereka.

Penarikan akan memakan biaya kurang lebih USD 610 juta. Penanganan akan segera dilakukan karena saat terjadi benturan, inflator kantung udara pecah berpotensi mengirimkan pecahan logam yang bisa mencederai bahkan membunuh pengemudinya.

Kasus airbag di Amerika sejauh ini telah melibatkan recall mobil lebih dari 67 juta unit. (Elk)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo