mobilinanews

Stop Langgar Lalu Lintas, Kendaraan Anda Bisa Terekam dengan Kamera Mini Polisi

Selasa, 23/03/2021 01:45 WIB
Stop Langgar Lalu Lintas, Kendaraan Anda Bisa Terekam dengan Kamera Mini Polisi
Petugas kepolisian menggunakan kamera ETLE Mobile di seragamnya untuk merekam pelanggaran lalu lintas pengguna kendaraan di Jakarta

mobilinanews (Jakarta) - Para pengguna motor dan mobil kini harus lebih tertib lalu lintas. Setiap pelanggaran di jalan dapat tertekam dengan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) melalui CCTV ETLE di titik-titik rawan pelanggaran dan ETLE mobile ini akan ditempatkan di seragam atau kendaraan petugas Kepolisian.

Kapolda Metro Irjen Pol Fadil Imran mengatakan dengan ETLE Mobile pelaksanaan pengawasan pelanggaran lalu lintas dapat dimaksimalkan dan memberikan efek jerah pada setiap pengendara yang terbiasa melanggar aturan dan tidak tertib lalu lintas.

"ETLE Mobile ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan daripada kebijakan bapak Kapolri menuju police five point zero dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam pelaksanaan tugas kepolisian," kata Fadil beberapa waktu lalu.

Dengan rekaman berupa foto jernih dari kamera yang terpasang di ETLE maupun ETLE Mobile, yang semua penindakannya akan diproses secara online akan memberikan efek jerah bagi setiap pengguna kendaraan yang tidak tertib lalu lintas.

Dalam menjalankan tugasnya, petugas kepolisian akan menggunakan tiga jenis ETLE Mobile yakni body camp ini dimanfaatkan apabila berkomunikasi dengan pelanggar lalu lintas, helmet cam yang bisa dipasang di motor maupun pakaian petugas saat berpatoli. Ada juga dash camp di mobil.

Dengan perangkat ETLE Mobile yang bisa berpindah-pindah, petugas tidak hanya sekedar merekam pelanggaran tapi juga mengetahui perilaku dan titik-titik pelanggaran lalu lintas di Ibu Kota. Penindakan memanfaatkan ETLE mobile juga dapat memperluas jangkauan penindakan yang mengakomodir wilayah-wilayah yang belum dilengkapi ETLE biasa.

Inovasi penindakan berupa tilang elektronik yang didukung ETLE Mobile ini diharapkan akan menekan angka pelanggaran lalu lintas, sehingga memberikan kenyamanan berkendara bagi semua pengguna jalan di Jakarta yang syarat dengan pelanggaran dan perilaku berkendara yang tidak tertib. (Elk)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo