mobilinanews

F1 22021: Yuki Tsunoda, Calon Juara Dunia Pertama Asal Jepang!

Rabu, 31/03/2021 07:14 WIB
F1 22021: Yuki Tsunoda, Calon Juara Dunia Pertama Asal Jepang!
Yuki Tsunoda, pembalap mungil Jepang yang masih menyesuaikan diri dengan kokpit mobil AT02 . (Foto: racingnews)

mobilinanews (Bahrain) - Sesungguhnya masih ada masalah teknis buat Yuki Tsunoda dalam debutnya di F1. Postur badannya yang kecil, tinggi 159 cm dan berat 61 kg, menyulitkannya duduk di kokpit mobil F1. Tapi, yang ia perlihatkan di GP Bahrain adalah talenta dan potensi yang luar biasa.

Untuk mengakomodasi postur tubuh itu, pedal mobil AT02 milik tim AlphaTauri dimajukan sedemikian rupa agar kaki Tsunoda bisa menyentuhnya. Itu masalah yang belum teratasi meski ia sudah berkali-kali masuk simulator untuk pengukuran yang pas.

Tapi, dengan keterbatasan itu Tsunoda jalani ddebut F1-nya dengan istimewa. Finish ke-9 sekaligus dapat 2 poin pertama di F1, dan sekaligus juga punya pengalaman menyalip para pembalap beken macam Kimi Raikkonen, Sebastian Vettel dan Fernando Alonso.

Tak pelak pembalap junior binaan Honda dan Red Bull mendapat pujian selangit dari Helmut Marko, penasehat senior Red Bull racing yang juga komandan akademi Red Bull dalam pembinaan driver muda.

"Kami membawanya ke Eropa dua tahun lalu. Setahun di F3 dan setahun di F2, tak ada yang menyangkanya secepat ini tiba di F1. Ia baru 20 tahun tapi sangat dewasa, pintar dan punya selera humor yang menawan," puji Marko pada pembalap Ruki Terbaik F2 2020 yang finish 5 Besar di akhir musim.

Marko menjelaskan postur tubuh Tsunoda yang berbeda dengan umumnya pembalap Eropa memag membuat pusing para insinyur di AlphaTauri. Sampai saat ini sesungguhnya belum ditemukan posisi kursi yang tepat buatnya meski sudah berkali-kali dilakukan simulasi lewat simulator. Beda dengan rekan setimnya, Pierre Gasly yang tinggi badanya 177 cm.

Jika posisi duduk di kokpit itu nanti ditemukan dengan sendirinya ada harapan Tsunoda bisa balapan lebih baik dari kondisi saat ini, sebuah pedalk modifikasi yang sifatnya sementara.

Dengan mengamati sifat, semangat dan karakter pembalap mudanya itu dengan tegas menyebut Tsunoda adalah calon juara dunia pertama asal Jepang nantinya.

"Saya bisa pastikan itu," tegasnya.

Artinya, kini Tsunoda sudah menjadi pembalap pelapis Max Verstappen dengan program jangka panjang. Dan, waktu yang akan membuktikan! (rnp)

 

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo