mobilinanews

F1 2021: Bahrain Buka Peluang Kembali Tuan Rumah, Pakai Lingkar dalam Sirkuit Sakhir

Jum'at, 02/04/2021 21:52 WIB
F1 2021: Bahrain Buka Peluang Kembali Tuan Rumah, Pakai Lingkar dalam Sirkuit Sakhir
Sirkuit Sakhir di Bahrain, bakal disambangi F1 lagi di akhir musim 2021. (Foto: formula1)

mobilinanews (Inggris) - Serangan Covid-19 masih saja mengacak-acak jadwal balap F1 yang sudah tersusun rapi. Setelah beberapa kali revisi untuk mencapai 23 seri tahun ini, revisi terbaru sangat mungkin terjadi terkait kasus virus maut itu di Kanada dan Brasil.

Dua negara di benua Amerika itu terancam out dari kalender 2021. Penambahan kasus Covid-19 di Kanada sudah pada tingkat mengkhawatrikan pemerintah karena menuju angka 1 juta kasus.

Per hari ini, negara itu sudah memiliki kasus positif sebanyak 987.918 dengan total kematian 23.002 orang. 

Sebagai langkah preventif, negara ini membuat kebijakan karantina selama 2 minggu untuk setiap pendatang dari luar negeri. Tak ada dispensasi seperti yang selama ini diterima F1 di beberapa negara, termasuk di seri pembuka GP Bahrain lima hari lalu.

Brasil juga tengah ganas-ganasnya. Kondisi sangat parah dengan total kasus per hari ini 12.842.717 dengan total kematian 325.559 orang.

Dari FIA maupun promotor Liberty Media memang belum ada keterangan resmi soal kemungkinan dua seri itu akan keluar dari jadwal. Tapi, sejumlah media Eropa sudah turunkan alternatif pengganti keduanya. Yakni, Turki dan Sakhir.

GP Turki tahun lalu masuk kalender setelah sekian lama absen. Berlangsung seru karena balapan di tengah hujan. Sayangnya, F1 tak memilih Istambul Park pada musim 2021. Kini mereka punya kesempatan gantikan seri Kanada.

Bahrain yang baru saja menggelar seri pembuka musim 2021, juga sangat kuat peluangnya gantikan Brasil di akhir musim. Seperti tahun lalu dengan dua seri beruntun, maka putaran keduanya akan gunakan format trek Sakhir bagian dalam.

Tahun lalu format tersebut hadirkan berbagai drama. Geeorge Russell yang gantikan Lewis Hamilton (kena Covid-19) ternyata tampil menawan di atas mobil Mercedes milik Hamilton meski persiapan sangat minim.

Pada event itu juga terjadi kecelakaan fatal Romain Grosjean (Haas) yang selamat meski mobilnya terbelah dan terbakar hebat. Dan, drama lain adalah proses berliku yang ditempuh Sergio Perez (Racing Point) menjadi juara.

Dengan kasus Covid-19 yang begitu masif di Brasil, peluang Sakhir untuk kembali jadi penyelenggara sangat terbuka. Terlebih karena berdekatan dengan dua seri lain di kawasan Timur Tengah, yakni GP Arab Saudi dan GP Abu Dhabi. (rnp)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo