mobilinanews

Tips Cegah Masalah Mobil dengan Pengecekan Fluida ala Daihatsu

Sabtu, 10/04/2021 09:10 WIB
Tips Cegah Masalah Mobil dengan Pengecekan Fluida ala Daihatsu
Ilustrasi pengecekan oli mesin mobil agar mobil tidak mengalami masalah saat digunakan

mobilinanews (Jakarta) - Pandemi yang masih berlangsung membuat banyak orang lebih memilih menggunkana mobil pribadi untuk beraktivitas. Berkaitan dengan itu, kesehatan mobil perlu diperhatikan agar selalu dalam kondisi optimal ketika digunakan.

Untuk itu, pengecekan ringan kendaraan bisa dilakukan secara berkala sebelum beraktivitas. Misalnya pengecekan oli mesin, oli rem, oli power steering, air radiator, air washer dan air aki pada mobil.

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi mengatakan pengecekan kondisi Fluida secara berkala sangat membantu pengguna agar mengetahui kondisi kesehatan mobil, agar tidak terjadi trouble saat digunakan

“Melalui sharing tips, dapat membantu mengingatkan pengguna mobil dalam pengecekan mandiri secara berkala, demi menjaga kondisi kendaraan tetap dalam kondisi yang optimal. Pemeriksaan dan perawatan kendaraan juga dapat dilakukan melalui service rutin di bengkel resmi Daihatsu terdekat”, kata Bambang, Jumat (9/4/)

Dalam perawatan ini, Daihatsu sebagai produsen menyarankan agar pengguna mengecek fluida pada mobil agar berkendara jadi lebih aman dan nyaman. Bagaimana melakukan pengecekan?

Untuk pengecekan, pastikan kendaraan diparkirkan di lokasi yang aman dan di tempat berkontur tanah atau lantai yang rata. Lalu, buka kap mesin depan kendaraan dengan menarik knob pembebas kunci kap mesin.

Pertama, Cek oli mesin. Hal ini bisa dilakukan dengan menghidupkan mesin beberapa saat hingga mencapai temperatur kerja. Kemudian matikan mesin, tunggu beberapa saat agar oli mengalir kembali ke bagian bawah mesin.

Lalu Ambil kain lap bersih, tarik dipstick oli mesin bersihkan dengan kain, masukan kembali dipstick sepenuhnya dan tarik, cek volume oli, ada 3 level oli mesin, yakni, Rendah, Normal, Berlebih. Pastikan oli mesin pada posisi normal, apabila rendah tambahkan oli mesin jenis yang sama .

Kedua, Cek oli Rem: Cari posisi master Cylinder rem, di sana terdapat reservoir untuk oli rem, periksa ketinggaian levelnya, apabila antara min dan max maka cukup, apabila posisi di min atau dibawahnya, tambahkan dengan oli rem yang sama sampai mencapai level max.

Ketiga, Cek Air Radiator. Periksa ketinggian air radiator coolant di tangki cadangan. Kekurangan air radiator dapat menyebabkan mesin overheat. Bila kurang, tambahkan dengan air radiator coolant dengan tipe yang sama.

Empat, Cek Air Wiper. Penggunaan air wiper saat menjalankan wiper sangat penting agar tidak merusak kaca. Pastikan air di tangki wiper juga dalam kondisi terisi penuh dengan melihat batas maksimal dari tangki air wiper. Apabila kurang tambahkan dengan air yang bersih.

Lima, Cek Air Aki. Pengecekan Air aki sangat penting. Apabila tidak dilakukan pengecekan dan terlambat dalam menambahkan maka aki akan rusak. Pastikan level air aki pada posisi Upper dan Lower, apabila pada posisi Lower maka tambahkan air aki hingga mencapai level Upper. (Elk)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo