mobilinanews

MotoGP 2021 Portugal: Bukan Yamaha, 2 Nama Ini Bikin GP Portugal Menegangkan

Rabu, 14/04/2021 21:35 WIB
MotoGP 2021 Portugal: Bukan Yamaha, 2 Nama Ini Bikin GP Portugal Menegangkan
Honda kini datang dengan Marc Marquez di Portimao, susah diprediksi hingga sesi kulaifikasi selesai. (Foto: motogp)

mobilinanews (Portugal) - Lupakan Sirkuit Losail. Hasil dua race awal di sana yang dikuasai rider Yamaha dan Ducati tak bisa jadi jaminan mereka juga bakal piawai di trek Portimao akhir pekan ini.

Dua nama dari pabrikan berbeda juga menyedot perhatian di putaran ketiga MotoGP 2021 ini. Mereka adalah pembalap tuan rumah Miguel Oliveira yang tahun ini promosi ke tim pabrikan KTM setelah tahun lalu beradad di tim Tech3 KTM. Ia dengan sangat mengejutkan menjadi juara GP Portugal tahun lalu. Tahun ini masihkah ia bisa bikin kejutan?

Yang lain adalah Marc Marquez, andalan Repsol Honda yang come back setelah 9 bulan absen . Dengan reputasi dan perilaku balapnya selama ini, Marquez tentu sama sekali tak bisa diabaikan. Sebab, seperti tahun-tahun sebelumnya, sekali ia berda di jok motor RC213V maka orientasinya adalah kemenangan.

Semuanya memang baru kemungkinan. Yang jelas Oliveira dan Marquez membuat balapan di Portimao lebih menegangkan ketimbang dua race awal di Qatar.

Joki Yamaha Maverick Vinales dan Fabio Quartararo memang meraih kemenangan di dua race awal. Pembalap Pramac Ducati Johann Zarco juga boleh pulang dengan 40 poin dari Losail dan membuatnya pemimpin klasemen sementara. Tapi, mereka sadar Losail sangat berbeda karakter dan tantangannya dengan Losail. Ada kemungkinan Oliveira di atas KTM dan Marquez dengan Honda bisa menjadi kuda hitam di antara rivalitas Yamaha dan Ducati saat ini.

Atas dasar itu maka Marquez dan Oliveira pun diajak panitia manggung dalam jumpa pers pada Kamis (15-4-2021) untuk memanaskan persaingan. Selain mereka juga akan tampil Vinales, Quartararo dan Zarco. Apa yang akan mereka janjikan di depan para wartawan? Adakah psywar sebagaimana mestinya untuk menghangatkan situasi? 

Lepas dari apa yang akan dikatakan Marquez besok di depan media, jelas ia jadi bintang yang jadi pusat perhatian. Ini akan jadi tandem perdananya dengan Pol Espargaro dalam satu tim. Marquez sendiri sejauh ini belum membuat target apa pun di Portimao selain bilang akan bekerja sebaik-baiknya. Ia penuh semangat dan secara lantang melayangkan ancaman adalah Pol, eks rider KTM yang tahun lalu finish P4 di Portimao.

"Marc adalah pembalap yang jadi referensi di MotoGP. Bersamanya, kecepatan  saya dengan RC213V bisa terbantu. Level kami akan meningkat," ujar Pol yang dlam dua race pertamanya bersama Honda berjalan tak buruk karena dua-duanya meraih poin.

Besok sore waktu Portugal memang hanya anak-anak Yamaha, Ducati, Honda dan KTM yang berhadapan dengan media. Bicara soal potensi masing-masing. Tapi, jangan lupa, anak Suzuki juga bisa lebih dari sekadar kuda hitam saat race. 

Untuk sementara yang paling menarik ditunggu dari semuanya adalah apa yang akan dikatakan Marquez dalam sesi perdana jumpa persnya tahun ini? Apa pula modal yang dimiliki Oliveira untuk kembali juara di negeri sendiri? (rnp)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo