mobilinanews

MotoGP 2021: Kembali ke Sirkuit, Tito Rabat Gantikan Jorge Martin di Pramac Ducati

Rabu, 21/04/2021 21:22 WIB
MotoGP 2021: Kembali ke Sirkuit, Tito Rabat Gantikan Jorge Martin di Pramac Ducati
Tito Rabat (Spanyol), kembali sementara ke MotoGP untuk menggantikan Jorge Martin di Pramac Ducati. (Foto: worldwsbk)

mobilinanews (Spanyol) - Keluar dari ajang MotoGP di akhir tahun 2020, kini Tito Rabat kembali dan mengaspal di GP Spanyol, 2 Mei 2021 depan. Juara dunia Moto2 2014 itu menggantikan Jorge Martin yang masih berada di rumah sakit.

Saat meraih gelar pada 2014 itu, Rabat tampil sangat dominan. Dari 18 seri balapan, ia naik podium sebanyak 14 kali di mana 7 di antaranya sebagai juara. Empat race lainnya finish ke-4 sebanyak tiga kali dan P8 sekali.

Sayangnya, tahun berikutnya ia gagal menambah gelar akibat cidera yang membuatnya absen di dua balapan dan berakhir dengan posisi peringkat 3 di klasemen akhir.

Musim 2016, Honda mempromosikannya ke MotoGP dengan menyimpannya dalam tim satelit Marc VDS Racing. Dua tahun dalam tim ini ternyata Rabat tak sehebat di Moto2. Ia pindah ke tim Avintia Ducati pada musim 2018 hingga out di akhir musim 2020.

Ia sebenarnya masih terikat kontrak untuk 2021. Tapi, performanya yang tak meyakinkan akibat banyak dilanda cidera membuat posisi tawarnya lemah.

Ia pun kalah dengan Luca Marini, adik Valentino Rossi yang naik dari Moto2 dengan cara kolaborasi khusus tim Avintia dengan tim SKY VR46 Racing milik Rossi.

Tahun ini Ducati masih percaya dengan kemampuan Rabat. Rider berusia 31 tahun itu pun dititipkan pada tim Barni Racing yang berkompetisi di ajang WSBK. 

Rabat akan membesut motor Pramac Ducati untuk kali pertama di GP Spanyol mendatang. Ia berpasangan dengan Johann Zarco.

Tak hanya di Jerez, Rabat juga punya potensi tampil di GP Prancis, LeMans, dua minggu kemudian jika Martin belum juga pulih dair cideranya.

Martin sendiri masih dalam penanganan intensif di Barcelona akibat sejumlah cidera yang ia alami saat kecelakaan hebat pada sesi FP3 GP Portugal Sabtu lalu. Selain patah tulang di tangan dan pergelangan kaki, ada kekhawatiran dampak pada kepalanya akibat benturan keras saat melayang dan jatuh dari motornya.

Hari ini, Rabu (21/4/2021), dr. Xavier Mir sudah mengagendakan operasi menangani Martin. Namun apa pun hasilnya sudah diputuskan tim Pramac kalau pembalap ruki 2021 itu akan digantikan Rabat pada balapan berikutnya. (rnp)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo