mobilinanews

F1 2021: Asiiik! Portimao Nambah DRS, Nyalip Semakin Mudah!

Selasa, 27/04/2021 23:44 WIB
F1 2021: Asiiik! Portimao Nambah DRS, Nyalip Semakin Mudah!
GP Portugal yang tahun ini menambah zona DRS. (Foto: motorsportmagazine)

mobilinanews (Portugal) - Seri ketiga F1 tahun ini berlangsung di Sirkuit Portimao, Portugal, akhir pekan ini. Diprediksi balapan bakal lebih keras dari tahun lalu.

BIcara teori harusnya memang begitu. Karena untuk balapan kali ini FIA membuka zona DRS kedua. Zona yang memungkinkan pembalap lebih memungkinkan menyalip mobil di depannya.

Zina kedua itu dibuka antara Tikungan 4 dan 5. Titik deteksi berada 35 meter sebelum tikungsn kanan yang menanjak ke perbuktian. Sementara titik aktifasinya berada 180 meter setelah keluar tikungan.

Sebelumnya hanya ada satu DRS di Portimao. Berada di trek lurus start-finish yang dimulai sejak keluar dari Tikungan 15. Hanya saja jarak DRS lama itu kini dikurangi sejauh 120 meter dibandingkan tahun lalu.

DRS (Drag Reduction System) adalah teknologi yang dikembangkan F1 untuk mempermudah aksi menyalip pada zona yang ditentukan. Pada area ini mobil di belakang memiliki kecepatan lebih dari mobil di depannya dengan cara mengaktifkan perangkatnya. Teknologi itu hanya bisa digunakan pada batas yang sudah ditentukan.

Di GP Imola lalu Lewis Hamilton sukses memanfaatkan sistem itu sehingga tampak mudah dari urutan 9 menjadi finisher runner up di akhir balapan.

Penyelenggara GP Portugal tentu yakin penambahan zona DRS akan memperbanyak aksi salip menyalip. Semiga saja harapan itu jadi kenyataan karena situasi persaingan saat ini memang ketat dan panas. Khususnya antara Mercedes dan Red Bull di papan atas berikut Ferrari versus McLaren di level bawahnya.

Portimao sendiri sudah punya karakter menarik sebagai ajang balap F1 karena kontur lintasannya yang naik turun sembari menikung. Kini ada dua zona DRS yang memungkinkan balapan seharusnya bisa semakin seru. (rnp)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo