mobilinanews

Keterbatasan Cip Semikonduktor, Produksi Mobil 2021 Bisa Anjlok 3,9 Juta unit!

Minggu, 16/05/2021 15:25 WIB
Keterbatasan Cip Semikonduktor, Produksi Mobil 2021 Bisa Anjlok 3,9 Juta unit!
Salah satu pabrik mobil di Amerika, Ford turut mengalami masalah pasokan Cip Semikonduktor

mobilinanews (Jakarta) - Sebagian besar produsen mobil tidak hanya terkendala dengan Covid-19 yang masih melanda banyak negara sehingga belum bisa melakukan produksi secara masif dengan memaksimalkan sumber daya mereka, karena pembatasan jumlah pekerja.

Masalah baru yang timbul kini adalah kekurangan cip semikonduktor sebagai komponen penting untuk mobil.

Keterbatasan cip membuat sejumlah produsen mobil seperti Mitsubishi, Toyota dan brand lain harus menghentikan produksi untuk sementara.

Menurut perkiraan terbaru dari AlixPartners, krisis cip akan mengurangi produksi kurang lebih 3,9 juta unit kendaraan tahun ini.

Tentu hal ini menimbulkan kerugian pada pasar otomotif hingga mencapai sekitar USD 110 miliar. Angka ini naik dua kali lipat dari perkiraan sebelumnya sebesar USD 61 miliar pada Januari 2021 lalu.

Perwakilan AlixPartners, Dan Hearsch mencatat kendaraan biasa menggunakan hingga 1.400 cip dan jumlah itu hanya akan meningkat di masa depan karena industri otomotif terus bergerak menuju kendaraan listrik, yang akan lebih banyak menggunakan perangkat tersebut, tulis Carcoops, mengutip Rauters.

Banyak produsen telah memperkirakan hal ini akan terjadi pada kuartal kedua karena masalah keterbatasan produksi.

Harsch memperkirakan situasi ini akan berangsur-angsur membaik dan pada kuartal ketiga, mungkin persediaan cip akan cukup membuat semua pabrik kembali aktif dan menjalankan produksi yang lebih besar.

Berkaitan dengan masalah keterbatasan cip semikonduktor, beberapa senator Amerika sedang mempersiapkan proposal senilai USD 52 miliar untuk meningkatkan produksi cip secara signifikan di Amerika.

Situasinya mungkin tidak akan membaik dalam semalam. Namun langkah Amerika dengan menambah 12% dari pasokan cip semikonduktor dunia akan berdampak baik untuk mendukung dunia otomotif.(Elk)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo