mobilinanews

Mengenang Boediman Soemali : Pegokart, Pemilik Tim Polo dan Sempat Nyalon Caketum IMI Jabar

Sabtu, 22/05/2021 13:45 WIB
Mengenang Boediman Soemali : Pegokart, Pemilik Tim Polo dan Sempat Nyalon Caketum IMI Jabar
Almarhum Boediman Soemali dikenal sebagai pegokart andal, baik dengan semua orang dan pernah mencalonkan diri sebagai Ketua IMI Jabar

mobilinanews (Bandung) - Telah berpulang ke Rahmatullah mantan pegokart nasional Boediman Soemali, 59 tahun, karena sakit di Bandung, Jawa Barat, Jumat (21/5/2021) pukul 1.30 WIB.

Bagi penggiat balap khususnya gokart pasti ingat sosok kalem, ramah dan murah senyum bos Polo Racing Team di tahun 1995-1998 : Boediman Soemali.

Tidak hanya pemilik tim, tapi Boedi - begitu biasa dipanggil - juga turun langsung sebagai pegokart memimpin timnya pada ajang kejuaraan gokart di Sentul International Karting Circuit Bogor.

Dari kiri Boediman Soemali, Deden Gandasaputra dan Fredi Rostiawan, dikenang sebagai orang baik

Tim Polo Bandung cukup disegani saat itu dengan skuad Boediman, Erwin Mancha, Oke Junjunan, Fredi Rostiawan dan Deden Gandasaputra (edisi pertama).

Untuk edisi kedua, skuad Polo Racing Team terdiri-dari Adi Saksono, Fredi Rostiawan, Boediman Soemali dan Alex Asmasoebrata.

Pemilik hotel Hotel Perdana Wisata Bandung yang populer saat itu, dan radio 99ers, sempat menjadi kandidat Ketua Pengprov IMI Jawa Barat pada Musprov IMI 2004.

Namun di last minute, ia memutuskan mundur dan mengalihkan suara pendukungnya kepada kandidat Oke Junjunan yang kemudian menjadi Ketua Umum IMI Jabar mengalahkan kandidat Dedi Hanurawan.

Pada era itu, almarhum sangat perhatian kepada IMI dan sering menjadi donatur kegiatan-kegiatan balap maupun sosial IMI Jabar.

Selain pemilik Polo Racing Team, Boedi juga dikenal dekat sama Ari Sigit Soeharto yang saat itu juga memiliki tim balap dengan nama Sexy Motorsport.

Menurut Fredi Rostiawan, salah satu sahabatnya, almarhum sudah lama mengalami sakit ginjal, bahkan pernah cangkok ginjal juga. "Namun almarhum meninggal karena stroke," ungkap Fredi.

Sebelumnya, Boedi sempat bermain bersama anak-anaknya saat mengalami stroke kemudian segera dibawa ke RS Boromeus, Bandung. Namun tidak tertolong.

Almarhum memiliki 5 orang anak termasuk yang saat ini tinggal di Amerika Serikat. Selain property, Boedi pegang franchise beberapa brand makanan seperti Toriqu, 99ers Coffee, dan Maija.

"Saya kenal alm. Boediman tahun 1993 sejak saya hijrah dari Rally ke Gokart. Dari pertama saya ketemu sampai detik terakhir saya chat, orangnya gak berubah, baik banget," ujar Fredi.

Ditambahkan Fredi yang Kabid Olahraga Mobil IMI Jawa Barat, kebaikan almarhum tak hanya dirasakannya melainkan hingga keluarga.

"Kami jadi sahabat yang saling mengingatkan. Beberapa kali berniaga bersama, membuat saya begitu banyak hutang budi ke beliau. Kapan pun Boedi memerlukan tenaga & pikiran saya selalu siap," lanjut Fredi sedih.

Sementara itu, Oke Junjunan yang juga sahabat Boedi bersaksi almarhum adalah orang baik dan salah satu tokoh otomotif Jawa Barat.

Serunya, Oke Junjunan pernah bersaing dengan almarhum saat pemilihan Ketum IMI Jabar 2004. "Namun akhirnya beliau memilih bersanding dan mensupport saya sebagai Ketum IMI Jabar," sebut Oke Junjunan yang merasa kehilangan salah satu sahabat terbaiknya. (bs)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo