mobilinanews

Hilangkan Butiran Embun pada Lampu Mobil Tanpa Biaya, Ini Caranya

Selasa, 25/05/2021 14:40 WIB
Hilangkan Butiran Embun pada Lampu Mobil Tanpa Biaya, Ini Caranya
Membuka head lamp mobil yang mengalami pengembunan sehingga mengganggu pencahayaan

mobilinanews (Jakarta) - Butiran embun yang terbentuk pada mika head lamp mobil akibat proses kimiawi yang terjadi pada saat mencuci mobil dalam kondisi masih panas, biasanya cukup mengganggu pencahayaan mobil.

Hal ini perlu menjadi perhatian pengguna mobil agar perjalanannya tidak terganggu, apalagi pada malam hari. Punggawa workshop Asia Cahaya Motor, Wira Sentosa mengatakan sebenarnya cara untuk menghilangkan embun pada lampu mobil sangat sederhana.

Pengguna mobil hanya cukup meluangkan waktu untuk membawanya ke bengkel untuk melepas lampu dari covernya dan membiarkan sirkulasi udara terjadi. Secara alamiah, pertukaran udara yang terjadi akan menghilangkan butiran embun pada lampu.

"Untuk mengusir butiran embun pada mika mobil atau motor sebenarnya sangat sederhana dan tidak perlu dengan cara-cara yang sulit. Cukup membuka cover lampu kemudian melonggarkan karet pada bagian belakang lampu maka embun akan hilang," kata Wira beberapa waktu lalu.

Cara yang sedehana ini, lanjutnya tak harus dilakukan oleh bengkel, karena jika pengguna mobil memiliki waktu luang bisa melakukannya secara mandiri di rumah dengan peralatan yang sederhana dan tentunya tidak mengeluarkan biaya.

“Kalau mika lampu sudah banyak embun, longgarkan saja karet penutup di bagian belakang lampu. Lepas stu atau dua hari biar ada sirkulasi udara. Sirkulasi itu akan membuat embun akan hilang,” tuturnya

Ia juga mengingatkan agar hal itu tidak lagi terjadi, sebaiknya mobil tidak dicuci pada waktu masih panas.Diamkan mobil beberapa agar suhunya menurun sehingga pada saat dicuci bagian yang tertutur dan kedap udara seperti mika lampu tidak mengalami pengembunan. (Elk).

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo