mobilinanews

MotoGP 2021 Italia: Oliveira dan Mir Langgar Track Limits, Harusnya Zarco Promosi ke Podium!

Senin, 31/05/2021 02:52 WIB
MotoGP 2021 Italia: Oliveira dan Mir Langgar Track Limits, Harusnya Zarco Promosi ke Podium!
Ini contoh pelanggaran track limits yang acap kontroversial di MotoGP, kala roda motor menyentuh lintasan berwarna hijau. (Foto: ist)

mobilinanews (Italia) - Lagi, hantu track limits (TL) menelan korban. Kali ini di GP Italia kemarin. Tak tanggung, terjadi di semua kelas. Paling unik dan kontroversial terjadi justru di podium MotoGP.

Pada race MotoGP, rider belia Pedro Acosta dan Sergio Garcia, dihukum mundur 1 posisi karena melanggar batas lintasan (area hijau tak boleh disentuh roda motor). Jadi finisher 8 dan 9. Membuat John McPhee yang harusnya P9 naik ke P7. 

Di race Moto2, pembalap AS Joe Roberts pun terkaget-kaget saat tiba di parc ferme karena batal naik podium karena ketangkap kamera melanggar TL. Dari urutan finish ke-3 ia dipindahkan ke P4. Sementara Marco Bezzecchi yang harusnya di luar podium mendapat rejeki nomplok, podium di negeri sendiri.

Kedua kasus itu tak timbulkan perdebatan. Beda dengan kejadian di race MotoGP. Persaingan panjang dan ketat terjadi antara Miguel Oliveira (KTM) melawan Joan Mir (Suzuki). Hingga garis finish.

Memperebutkan posisi kedua di belakang sang juara, Fabio Quartararo. Oliveira dinyatakan melanggar TL dan posisinya sebagai runner up digantikan Mir. Johann Zarco (Pramac Ducati) di urutan 4.

Tak lama kemudian ternyata Mir juga melanggar aturan sama di tempat yang sama. Maka, ia dturunkan lagi ke P3 dan hukuman Oliveira  dianulir.nZarco tetap P4.

Dari rekaman gambar memag terlihat roda depan mereka menyentuh area hijau. Meski cuma di bagian ujung tetap saja melanggar aturan.

Tapi, keputusan itu dianggap kontroversial dan jadi pembicaraan panas di paddock di MotoGP. Sangat jelas Oliveira dan Mir melanggar TL.

Tapi, mengapa posisi finish mereka tak mundur satu posisi seperti sebelumnya berlaku di Moto3 dan Moto2? Jika itu terjadi maka Zarco naik podium sebagai runner up.

Bos tim Pramac Ducati Francesco Guidotti pun bergegas ke runag Race Direction. 

"Saya datang bukan untuk protes, tetapi untuk memehami interpetasinya. Ternyata mereka sudah mengevaluasi kasus ini dan punya jawabannya," kata Guidotti yang kemudian tak lagi mempermasalahkan hal tersebut.

Guidotti pun menceritakan sebab rider-nya batal ke podium. Berdasarkan data di race control, saat kejadian Zarco berada 0,7 detik dari dua lawannya itu. Itu jarak yang terlalu jauh untuk dihibahkan promosi. Ia akan dapat hadiah jika gap di bawah 0,5 detik di sektor terakhir itu.

Dan, faktanya, Zarco finish dengan catatan waktu beda 0,535 detik dari Mir. Maka Guidotti tak lagi bisa bilang apa-apa.

Itulah dalih dari race direction. Yang membuat Oliveira dn Mir leps dari hukuman mundur satu posisi. Yang membuat Zarco batal naik podium, sekaligus kegagalan tim Ducati meraih podium di kandang sendiri. (rnp)

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo