mobilinanews

Kembali ke Paddock MotoGP, Galbusera Pegang Maverick Vinales

Kamis, 03/06/2021 19:31 WIB
Kembali ke Paddock MotoGP, Galbusera Pegang Maverick Vinales
Silvano Galbusera, mantan kepala mekanik Valentino Rossi yang kini memimpinskuad teknis Maverick Vinales. (Foto: gpone)

mobilinanews (Italia) - Ada perubahan penting di kubu Maverick Vinales (Yamaha) pada GP Catalunya, Spanyol, pada 4-6 Juni 2021 ini. Ada Silvano Galbusera di sana. Eks kepala mekanik Valentino Rossi itu kini diangkat menjadi kepala mekanik Vinales.

Galbusera menggantikan chief crew Vinales selama ini, Esteban Garcia, yang memimpin para mekanik Vinales di Yamaha sejak 2019. Garcia sendiri adalah orang lama Viinales, menjadi crew chief-nya saat meraih gelar juara dunia Moto3 2013. 

Pergantian itu diumumkan Yamaha pada Kamis (3/6) tanpa menyebutkan sebab-musababnya.

"Tentu menyedihkan bilang selamat jalan kepada kru yang sudah bergabung begitu lama. Garcia orang yang punya dedikasi dan passion tinggi. Ia memandu Maverick meraih 11 podium di MotoGP (3 juara dan masing-masing 4 kali runner up dan posisi ketiga), Ini keputusan dan kesepakatan kedua pihak dan terbaik bagi semuanya," ungkap Direktur Tim Yamaha Massimo Meregalli.

Terkait atau tidak yang jelas performa Vinales menurun tajam dalam 5 race terakhir. Setelah menjadi juara di seri pembuka musim 2021, GP Qatar, tak sekali lagi pun Vinales naik podium hingga putaran ke-6 di GP Italia lalu. Setelah urutan 5 di GP Doha, trennya menurun ke urutan 11, 7, 10 dan 8 pada race berikutnya. 

Saat ini a terperangkap di urutan 6 klasemen sementara dengan total poin 64. Tertinggal jauh dari rekan satu timnya di pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo, yang memimpin klasemen dengan poin 105. Defisit 41 angka yang jelas bukan hal baik saat balapan baru 6 putaran.

Galbusera sendiri tak terbilang sukses bersama Rossi. Pemilihan itu sendiri mencengaangkan banyak pihak karena Galbusera sebelumnya tak punya rekam jejak di MotoGP, hanya di WSBK. Ia gantikan Jermey Burgess, sng mekanik legendaris yang gabung dengan The Doctor setelah sukses panjang sebelumnya bersama Mick Doohan.

Setelah pisah dengan Rossi pada 2019, Yamaha menempatkan Galbusera sebagai penanggung jawab program tes Yamaha di Eropa. Kini ia kembali ke paddock Yamaha dengan harapan membawa perubahan, mulai GP Catalunya pekan ini. (rnp)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo