mobilinanews

Hyundai Ingin Produksi Lokal Chip untuk Hindari Penyetopan Pembuatan Mobil

Rabu, 16/06/2021 13:50 WIB
Hyundai Ingin Produksi Lokal Chip untuk Hindari Penyetopan Pembuatan Mobil
Proses perakitan mobil Hyundai di salah satu negara yang mengalami masalah pasokan Chip

mobilinanews (Jakarta) - Hyundai Motor Group sedang dalam pembicaraan dengan perusahaan chip Korea Selatan untuk membantu mengurangi ketergantungan mereka pada pasokan asing di tengah kekurangan global yang telah menghentikan jalur perakitan di pembuat mobil di seluruh dunia.

Pejabat Hyundai telah bertemu dengan perusahaan lokal yang berpangalaman merancang chip, tetapi mengalihdayakan manufaktur ke perusahaan seperti TSMC dan Samsung Electronics Co Ltd, saat mengeksplorasi strategi jangka panjang untuk mendiversifikasi pasokannya dengan lebih baik.

Berkaitan dengan itu, Grup mobil Korea Selatan yang menaungi Hyundai Motor Co dan Kia Corp, ingin mengalihkan chip seperti unit mikrokontroler (MCU) ke desainer Korea Selatan sehingga dapat membantu penyediaan chip untuk memproduksi mobil.

Perpindahan seperti itu tentu akan sulit, karena teknologi lokal masih tertinggal dari para pemimpin industri seperti pemasok chip otomotif Belanda NXP Semiconductors dan Renesas Electronics Corp Jepang. Namun harus mulai dilakukan.

"Selain menghadapi hambatan masuk yang tinggi ke pasar chip mobil, proses kualifikasi yang panjang dan ketat membuat, lebih sulit bagi perusahaan chip yang lebih kecil untuk merancang chip mobil," kata seseorang di perusahaan fabel Korea Selatan, mengutip Reuters.

"Butuh waktu empat sampai lima tahun untuk memasok chip mobil, sementara itu bisa memakan waktu kurang dari satu tahun untuk merancang dan memproduksi chip untuk peralatan rumah tangga," imbuhnya.

Perusahaan mobil di korea Selatan sedang mengejar rencana untuk `melokalkan` chip mobil dalam upaya untuk mendiversifikasi rantai pasokan di Korea Selatan setelah mengalami masalah sumber chip, sebagian besar disebabkan oleh pemasok yang berada di luar negeri. (elko)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo