mobilinanews

F1 2021 Prancis: Verstappen Pakai Mesin Baru, Honda Pertanyakan Pergantian Engine Mercedes

Kamis, 17/06/2021 21:13 WIB
F1 2021 Prancis: Verstappen Pakai Mesin Baru, Honda Pertanyakan Pergantian Engine Mercedes
Rivalitas sengit RB16B versus W12, sama-sama usung mesin baru ke GP Prancis. (Foto: formula1)

mobilinanews (Prancis) - Memimpin klasemen sementara pembalap dan  konstruktor, gairah Honda justru semakin tinggi pada musim terakhirnya di kancah F1.

Menuju GP Prancis di Paul Ricard akhir pekan ini, pabrikan Jepang itu siapkan mesin baru, tak lain untuk mematahkan dominasi Mercedes.

Honda e-TECHNOLOGY. Itu nama mesin baru Honda yang dipasok buat tim Red Bull dan AlphaTauri dan digunakan sejak sesi latihan GP Prancis, mulai Jumat, 18 Juni 2021.

Spek baru ini diyakini menambah power dan daya tahan mesin RB16B milik para pembalap bernama Max Verstappen dan Sergio Perez di Red Bull dan duet Pierre Gasly - Yuki Tsunoda di AlphaTauri.

Dua area itu, power dan keandalan, menjadi aspek penting yang selama ini plus minus perbandingan RB16B dengan W12 geberan Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas di skuad Mercedes.

Proyek mesin baru ini adalah bagian dari komitmen keras Honda untuk meraih gelar juara dunia kembali sebelum meninggalkan F1 di akhir musim 2021.

Ini sekaligus upaya terakhir mereka menjadikan Verstappen sebagai juara dunia.

Saat ini driver Belanda itu tengah memimpin klasemen sementara dengan keunggulan 4 angka atas Hamilton sebagai juara dunia bertahan.

Mercedes sendiri sudah luncurkan mesin baru buat W12 pada GP Azerbaijan di Sirkuit Baku pada dua pekan lalu. Hasilnya sejak babak latihan hingga raceday kedua driver Mercedes kewalahan membendung laju Red Bull Honda.

Hasil akhirnya Mercedes sama sekali tak membawa pulang poin, hasil yang sangat buruk.

Direktur Teknik Honda F1 Toyoharu Tanabe mengaku heran dan sekaligus mempertanyakan strategi Mercedes mengganti mesinnya pada putaran keenam musim ini.

"Serial lomba tahun inidirancang 23 seri. Idealnya pergantian mesin dilakukan setelah 7 - 8 race. Saya bertanya-tanya mengapa mereka mengganti mesin pada hitungan ke-6," kata Tanabe.

Tak ada yang bisa menjawab pertanyaan itu kecuali petinggi tim Mercedes. Tapi, apa pun alasannya, yang paling penting adalah seberapa kompetitif mesin Honda yang baru ini. Jawabannya di GP Prancis mulai besok. (rnp)

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo