mobilinanews

Bursa Pembalap MotoGP 2022 Belum Tuntas, Menunggu Apa Kata Rossi!

Minggu, 18/07/2021 02:45 WIB
Bursa Pembalap MotoGP 2022 Belum Tuntas, Menunggu Apa Kata Rossi!
Valentino Rossi (Italia/Petroans Yamaha) bersama Maverick Vinales (Spanyol/Yamaha) sama-sama tanda tanya untuk 2022. (Foto: motogp)

mobilinanes (Italia) - Marc Marquez dan Jorge Lorenzo boleh sindir-sindir reputasi Valentino Rossi yang sudah pudar. Tak berkutik diganyang para pembalap muda yang sebagian justru tadinya ia ajari cara balapan yang benar.

Tapi, ada beberapa fakta bahwa The Doctor masih penting di kelas ini.

CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta, misalnya, berharap Il Dottore belum pensiun di akhir musim ini. Ia masih menjadi magnet penonton dan sponsor.

Meski tengah terpuruk, tapi tampak jelas kalau fans fanatiknya masih bejibun beri dukungan di seluruh dunia. 

Petinggi Aramco yang tahun depan jadi sponsor itama tim milik Rossi, Aramco VR46 Racing, juga berharap Rossi akan membalap untuk timnya sendiri musim depan.

Ini akan penting bagi perusahaan minyak Arab Saudi itu mencatatkan sejarah awal mereka di blantika MotoGP. Dan, di sisi lain, dengan nama besar The Doctor maka efek promosi bisa diaharapkan lebih masif.

Bursa  pembalap tahun depan pun rupanya tergantung pula pada Rossi apakah ia akan umumkan pensiun atau tidak. Sebab, ini akan munculkan efek domino kepada banyak pembalap, termasuk yang datang dri Moto2.

Yamha dan Petronas Yamaha Srt, misalnya, belum akan menyusun dan umumkan line up mereka tahun depan sebelum Rossi memutuskan yang terbaik bagi dirinya.

Seperti diketahui Rossi saat ini berada di tim Petronas dengan ikatan kontrak langsung dengan Yamaha. Apakah ia akan bersama tim Malaysia itu tahun depan sepenuhnya apa kata Rossi.

Dan, Rossi sendiri seperti berulangkali ia katakan akan mengambil keputusan pertengahan tahun ini yang diperkirakan bulan depan.

Yamaha yang sudah diapstikan kehilangan Maverick Vinales tahun depan juga menunggu apa kata Rossi sebelum menetapkan siapa pengganti Vinales meski disebut-sebut calon utamanya Franco Morbidelli yang saat ini satu tim dengan Rossi di Petronas.

Akibatnya Petronas Yamaha pun harus menunggu juga apa kata Rossi, terlebih karena kontrak Rossi langsung di bawah pabrikan Yamaha.

"Jadi, kami sepenuhnya menunggu kepastian dari Yamaha dan Valentino," kata Team Principal Petronas Yamaha Srt Razlan Razali.

Ia mengaku banyak pilihan yang tersedia bagi timnya untuk menyusun line up tahun depan. terlebih dengan tersedianya calon-calon muda dari ajang Moto2 di mana Petronas memiliki tim sendiri.

Keputusan Rossi tentu juga berpengaruh pada line up tim Aramco VR6 Racing yang baru terisi oleh Luca marini yang tak lain adalah adik tiri The Doctor.

Jika Rossi pensiun maka tandem Marini disebut-sebut murid Rossi lainnya dari camp VR 46 Rider Academy, yaki Marco Bezzecchi yang tengah main di Moto2.

Opsi lain adalah menarik Vinales ke tim baru ini. Nah, jika Vinales diabil maka line up Aprilia 2022 juga terpengaruh karena Vinales yang digadang-gadang datang ke sana.

Pengumuman Rossi diperkirakan berlangsung di sela-sela dua seri beruntun di Austria awal dan pertengahan Agustus.

Begitu ia nyatakan pensiun atau tidak maka itulah saat bursa pembalap tahun depan bisa menggeliat di beberapa tim. Ini bukti betapa nama Rossi memang masih diperhitungkan di tengah keterpurukan reputasinya.

Dan, ini hal yang tak bisa dinyinyiri Lorenzo karena itu tak terjadi saat ia pergi dari MotoGP. Tak ada gejolak apa pun selain ucapan good bye! (rnp)

 

 

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo