mobilinanews

Percepat Elektrifikasi Kendaraan,Kemenperin Target Produksi 600 Ribu EV di 2030

Senin, 19/07/2021 18:01 WIB
Percepat Elektrifikasi Kendaraan,Kemenperin Target Produksi 600 Ribu EV di 2030
Hyundai Kona Electrik, salah satu mobil listrik yang mendorong percepatan elektrifikasi di Tanah Air

mobilinanews (Jakarta) - Pemerintah Indonesia terus berupaya melakukan percepatan pengembangan electric vehicle (EV). Upaya ini dilakukan dengan melalui penyusunan peta jalan pengembangan EV, pemberian berbagai insentif, hingga pengembangan ekosistem EV di Indonesia.

Berkaitan dengan itu, industri alat transportasi menjadi prioritas dalam Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) 2015-2035. Aturan ini bisa menjadi bekal dalam memberikan arahan yang jelas bagi elektrifikasi.

“Indonesia telah menetapkan roadmap atau peta jalan pengembangan EV melalui Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 27 Tahun 2020 tentang Spesifikasi Teknis, Roadmap EV, dan Perhitungan Tingkat Kandungan Lokal,” kata Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta.

Road map ini, menjadi pemain utama dalam industri EV. Pemerintah berusaha menciptakan ekosistem EV dengan melibatkan para pemangku kepentingan yang terdiri dari produsen, produsen baterai, pilot project, konsumen, dan infrastruktur seperti charging station, dan pilot project.

Targetnya, produksi EV pada 2030 dapat mencapai 600 ribu unit untuk roda empat atau lebih, dan untuk roda dua dapat mencapai hingga 2,45 juta unit.

“Dengan diproduksinya kendaraan listrik, diharapkan mampu menurunkan emisi CO2 sebesar 2,7 juta ton untuk roda empat atau lebih dan sebesar 1,1 juta ton untuk roda dua,” ucap Menperin.

Dalam roadmap tersebut, diperkirakan pembelian kendaraan listrik untuk roda empat akan mencapai 132.983 unit, sedangkan untuk kendaraan listrik roda dua akan mencapai 398.530 unit. (Elk)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo