mobilinanews

Waduh! MotoGP Thailand Resmi Batal Karena Lonjakan Covid, Malaysia Potensi Bernasib Sama!

Kamis, 22/07/2021 01:08 WIB
Waduh! MotoGP Thailand Resmi Batal Karena Lonjakan Covid, Malaysia Potensi Bernasib Sama!
GP Thailand di Sirkuit Buriram dipastikan batal untuk kali kedua beruntun setelah serial 2020. (Foto: paddockgp)

mobilinanews (Spanyol) - Hari ini, pil pahit harus diterima fans MotoGP,  khususnya di wilayah Asia Tenggara. Dorna Sports sebagai penyelenggara seri MotoGP dan WSBK secara resmi membatalkan laga di Sirkuit Buriram, Thailand yang sedianya belangsung 15-17 Oktober 2021.

"Dengan sangat menyesal kami nyatakan pembatalan GP Thailand tahun ini dan diganti ke musim 2022," bunyi pernyataan Dorna yang dikirim dari markas mereka di Madrid, Spanyol.

Terkait kasus Covid-19, penyelenggaraan seri Thailand memang jadi tanda tanya dalam beberapa pekan terakhir. Pembahasannya berlangsung antara promotor lokal dengan pemerintah Thailand yang diwakli Menteri Pariwisata dan Olahraganya.

Dan, akhirnya muncul kepastian batal. Ini kali kedua sirkus MotoGP gagal manggung di Thailand setelah tahun lalu karena sebab yang sama.

Bagi Dorna, ini juga pembatalan beruntun di kawasan Asia Pasifik setelah seri Jepang dan Australia.

Wajar kalau perusahaan besutan Carmelo Ezpelata ini kini bingung mencari solusi penggantinya. Mereka sama sekali belum punya solusi seri pengganti Thailand.

Semakin pusing karena GP Malaysia yang terjadwal pada 22-24 Oktober 2021 pun terancam batal. Pasalnya, logistik MotoGP diseting satu paket dengan Thailand.

Karena itu Dorna bakal rugi besar jika memaksakan satu balapan saja ke Malaysia dengan beban ekonomi yang besar.

Ada wacana untuk menjadikan dua seri beruntun di Sirkuit Sepang, Malaysia. Namun kemungkinan itu juga diragukan karena negeri jiran ini juga sama, kasus Covid-nya lagi melonjak.

Indonesia dengan Sirkuit Mandalika pun susah diharapkan meski homologasi sirkuit baru itu bisa didapat pada Agustus ini. Jangankan memaksakan diri mengubah jadwal baru GP Indonesia yang sudah resmi diundur ke Maret 2022, untuk penyelenggaraan serial WSBK pun Dorna ragu bisa dihelat Mandalika pada November mendatang.

Selain Covid yang juga sedang tinggi di negeri ini, faktor logistik dan persiapan lainnya juga tak mudah. Setidaknya Dorna perlu waktu 3 bulan persiapan sebelum hari H.

Mungkinkah Mandalika siap segalanya pada Agustus atau September ini?

"Itulah yang ingin kami pastikan," kata pihak Dorna seperti dikutip dari paddock-gp.com

Kembali ke soal GP Thailand, Dorna masih mengutak-atik segala kemungkinan untuk mempertahankan 19 race sepanjang musim 2021.

Seri Malaysia menjadi kuncinya.Jika bisa digelar, terlebih dua race beruntun, beban Dorna sangat ringan. Kalaupun hanya satu balapan seperti jadwal awal, seri pengganti Thailand bisa digeser ke Qatar yang beban logistiknya tak terlalu drastis berubah.

"Proses penggantian sedang diupayakan. Dipertimbangkan dari berbagai aspek. Semuanya akan diumumkan segera setelah penggantinya tersedia," imbuh pernyataan Dorna Sports. (rnp)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo