mobilinanews

Waduh! Gegara Bensin 0,3 Liter, Sebastian Vettel Kehilangan Podium di GP Hungaria!

Senin, 02/08/2021 12:16 WIB
Waduh! Gegara Bensin 0,3 Liter, Sebastian Vettel Kehilangan Podium di GP Hungaria!
Tampil memukau di Hungaria, podium Sebastian Vettel (Aston Martin) berakhir dengan diskualifikasi. (Foto: f1)

mobilinanews (Hungaria) - Finish runner up di GP Hungaria dalam sekejap berubah jadi duka di skuad tim Aston Martin. Sebastian Vettel yang susah payah meraih podium didiskualifikasi oleh FIA. Prolehan 18 poin pun hangus.

Masalahnya terbilang `sepele`. Hanya gara-gara bahan bakar yang tersisa di mobil Vettel tidak mencukupi. Sesuai regulasi FIA, harus tersedia 1 liter bahan bakar di tangki mobil kapan pun FIA ingin mengambil sampelnya. Pemeriksaan ini dilakukan untuk menghindari penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai ketentuan.

Sial, officer FIA mengambil sampel itu usai balapan. Dan, yang bisa disedot dari tangki mobil Vettel hanya 0,3 liter. Berbagai cara dicoba untuk mengeluakan tambahannya, tapi gagal. Atas nama peraturan maka pembalap Jerman pemegang 4 gelar dunia itu harus didiskualifikasi.

"Saat audiensi di hadapan Direktur dan Delegasi Teknis FIA, team principal Aston Martin menegaskan harus ada sampel 1,44 liter bahan bakar dalam tangki usai balapan. Tapi, mereka justru tak bisa mengeluarkannya," tulis keterangan FIA sekalian menjabarkan berbagai pasal aturan seputar masalah tersebut. 

Sesuai aturan juga, Aston Martin punya hak banding atas keputusan tersebut. Selama menunggu prosesnya tuntas maka selama itu pula mobil Vettel dkandangkan dan disegel FIA. Belum ada upaya banding meski Team Princiapal Aston Martin Otmar Szafnauer yakin masih ada 1,744 bahan bakar sisa dalam tangki. Masalahnya, katanya, itu hanya pompa yang macet.

"Kehilangan 18 poin jelas menyakitkan. Itu tak menghilangkan penampilan sempurna Sebastian. Hari ini ia buktikan mobil kami punya kecepatan, punya potensi untuk berkembang," komentar resmi tim Aston Martin yang tahun lalu bernama Racing Point.

Dengan putusan itu maka podium GP Hungaria pada Minggu (1/8) kemarin berubah jadi Esteban Ocon (Alpne) sebagai juara, Lewis Hamilton (Mercedes) runner up dan Carlos Sainz (Ferrari) mendapat podium tanpa selebrasi. Para pembalap di belakang Sainz juga ikut naik setapak. Di antaranya Max Verstappen (Red Bull Honda) dari P10  ke 9 dan Kimi Raikkonen (Alfa Romeo) dari P11 ke zona poin.

Dampak lain adalah selisih keunggulan poin Hamilton yang makin baik atas Verstappen. Ia dapat `hibah` 3 poin dari kasus ini, sementara Verstappen hanya kebagian 1 poin. Artinya, Hamilton dapat keberuntungan 2 poin dalam kaitan pertarungannya berebut gelar melawan Verstappen musim ini.

Tak ada komentar tim Mercedes atas `keberuntungan` di atas penderitaan pembalap lain ini. Pastinya sih senang seperti hasil di Hungaria yang membawa Hamilton kembali ke puncak klasemen, menggeser Verstappen.

"Saya memahami apa yang dirasakan petinggi Red Bull saat ini," komentar Team Principal Mercedes Toto Wolff seusai GP Hungaria, yang pastinya itu ucapan nyinyir karena belakangan ia memang setiap hari perang kata-kata dengan lawannya. 

Juga pasti Mercedes gembira dapat hibah 2 poin dari kasus Vettel. Sebab, seperti kata Hamilton, dalam rivalitas keras seperti tahun ini maka 1 poin saja bisa jadi penentu di akhir musim. (rnp)

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo