mobilinanews

MotoGP 2021 Inggris: Sempat Terpampang Nama Jorge Martin di Pole, Lalu Direvisi Milik Pol Espargaro!

Minggu, 29/08/2021 00:08 WIB
MotoGP 2021 Inggris: Sempat Terpampang Nama Jorge Martin di Pole, Lalu Direvisi Milik Pol Espargaro!
Pol Espargaro (Repsol Honda), raih pole perdana di atas RC213V. (Foto: crash)

mobilinanews (Inggris) - Tak disangka tak terduga, akhirnya Pol Espargaro meraih prestasi bergengsi perdana dengan tim Repsol Honda, pole postion di GP Inggris, Minggu (29-8-2021). Meski belum tentu jadi juara di tengah persaingan yang kian rapat, setidaknya inilah catatan terbaiknya di atas RC213V.

Sedikit drama yang membingungkan sempat terjadi di akhir sesi kualifikasi. Pasalnya, di layar monitor terpampang Jorge Martin (Pramac Ducati) yang meraih catatan waktu tercepat yang artinya adalah pole sitter.

Catatan waktunya lebih kencang 0,8 detik dari Pol, sebuah catatan yang langka terjadi di sesi kualifikasi. Ini membuat banyak orang bingung, termasuk kru Pramac Ducati.

Usut punya usut lewat rekaman televisi, ternyata Martin memotong jalur di tikungan 8 - 9, yang memberinya keuntungan hampir satu detik di tempat itu dibandingkan jalur seharusnya. Catatan waktunya saat itu pun dihapus, dan pole position dihibahkan kepada Pol. Martin sendiri harus turun ke grid 4.

Dua pembalap yang tengah bersaing dalam perebutan gelar 2021, Francesco Bagnaia (Ducati) dan Fabio Quartararo (Yamaha) mendampingi Pol di baris depan.

Saat ini Quartararo unggul 47 poin atas Bagnaia. Artinya, Bagnaia harus juara memetik poin maksimal di Silverstone agar tetap punya peluang di jalur kejuaraan dunia, atau minimal finish di depan Quartararo.

Sebaliknya bagi Quartararo. Ia memang punya target finish podium untuk kali pertama di Silverstone, tetapi itu akan dikejar jika tak ada resiko yang harus ia pertimbangkan. Ia tak perlu pol-polan melawan Pol karena rider Honda itu tak ada dalam persaingan gelar.

"Ya, start dari front row tentu awal yang baik meraih P1. Itu yang mutlak saya harus perjuangkan," kata Bagnaia yang belum pernah merasakan nikmatnya P1 di podium MotoGP.

Penantang gelar lainnya, Joan Mir (Suzuki), berada di grid 11. Tahun lalu dari posisi itu ia bisa merangsek sedikit demi sedikit memasuki zona podium.

Sepertinya sulit ia ulangi di Silverstone mengingat ini kali pertama ia tampil dengan motor MotoGP di trek ini. Sepanjang sesi latihan belum tampak ia bisa beradaptasi dengan karakter sirkuit.

Cal Crutchlow, local hero yang menggantikan Maverick Vinales di tim pabrikan Yamaha, akan start dari urutan 19. Sepanjang sesi latihan ia masih lebih banyak berkutat dengan adaptasi M1, yang sudah banyak berubah dibandingkan saat tes pra musim lalu. (rnp)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo