mobilinanews

MotoGP 2021 : Jajal Aprilia 60 Lap di Misano, Ternyata Best Time Vinales Mengejutkan!

Rabu, 01/09/2021 11:21 WIB
MotoGP 2021 : Jajal Aprilia 60 Lap di Misano, Ternyata Best Time Vinales Mengejutkan!
Maverick Vinales (Spanyol). sinyal positif dari debutnya di atas Aprilia RS-GP. (Foto: therace)

mobilinanews (San Marino) - Impresif. Begitulah kesan dan komentar pertama pada debut Maverick Vinales di atas Aprilia RS-GP. Transisi dari Yamaha ke Aprilia yang berbeda konfigurasi mesinnya dianggap lancar dan akan memudahkannya beradaptasi. 

Bersama tester tim KTM Mika Kallio dan Dani Pedrosa, tester Ducati Michelle Pirro serta Johann Zarco (Pramac Duvati) dan Fransesco Bagnaia (Ducati), penampilan Vinales menjadi fokus perhatian media di Sirkuit Misano, San Marino, pada Selasa kemarin. Ia melakoni tes dalam 60 laps.

Tak disebutkan best lap yang ditorehkan mantan pembalap tim pabrikan Yamaha itu. Tapi, sumber yang didapat therace.com adalah 1 menit 33 koma bawah. Diperhitungkan ia hanya kalah kisaran 0,7 detik dari best time Aleix Espargaro pada GP San Marino tahun lalu. Pembalap utama tim Aprilia itu menorehkan waktu 1:32,295 pada sesi kualifikasi. Saat raceday Aleix punya best lap 1:33,213. Sedangkan Vinales sendiri di San Marino 2020 di atas Yamaha M1 memiliki best time 1:31,077.

Kesimpulan sementara, peralihan awal dari Yamaha ke Aprilia yang beda karakter diawali dengan baik. Rabu (1-9-2021) ini tes berlanjut. Semestinya Vinales bisa torehkan waktu lebih baik setelah kemarin mencoba berbagai varian set up, plus handling motor yang sudah lebih teratur.

"Saya pikir ada banyak harapan. Kami ingin pahami limit performa motor dengan pembalap selevel Maverick. Tentu saja akan sangat menarik melihat catatan waktunya dibandingkan Aleix yang sudah lama dalam proyek ini," kata Direktur Teknik Aprilia Romano Albesiano kepada motogp.com sebelum tes.

 Mencermati debut Vinales dalam timnya, CEO Massimo Rivola akan melihat kemungkinan Vinales terjun race pada GP San Marino di trek sama pada 17-19 September 2021. 

"Kami akan lihat kemungkinannya, apakah ia bisa dapat jatah wild card atau jadi pembalap pengganti," kata Rivola.

Jika jadi pengganti maka jelas yang akan dikorbankan adalah pembalap kedua Aprilia, Lorenzo Savadori.

Minggu lalu Aprilia meraih podium di GP Inggris lewat Aleix, podium perdana pabrikan Italia itu sejak masuk era MotoGP pada 2012. Hasil ini, kata Aleix akan jadi motivasi Vinales dan dirinya untuk mengembangkan RS-GP lebih kompetitif lagi. (rnp)

 

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo