mobilinanews

MotoGP 2021 Aragon: Meski Sempat Terpelanting di Sesi Latihan, Marquez Tetap Menakutkan!

Jum'at, 10/09/2021 22:49 WIB
MotoGP 2021 Aragon: Meski Sempat Terpelanting di Sesi Latihan, Marquez Tetap Menakutkan!
Marc Marquez (Spanyol/Honda) tak cedera berarti usai terpelanting dari motornya di FP2, meski motornya rusak parah. (Foto: ist)

mobilinanews (Spanyol) - Seperti prediksi awal, Marc Marquez memang berpotensi berjaya kembali di Sirkuit Aragon, trek anti-clockwise yang amat disukai. Meski klontang dengan RC213V-nya saat menjalani FP2, rider Honda itu tetap difavoritkan  untuk kualifikasi maupun raceday.

Di masa lalu, hanya dua `pilihan` Marquez setiap kali main di Aragon, finish sebagai juara atau jadi pecundang karena kecelakaan. Ya, hanya kecelakaan yang menyebabkan andalan tim Repsol Honda itu membukukan waktu tercepat di Aragon. 

Jumat (10-9-2021) hari ini kembali terbukti. Marquez tak tertandingi di sesi FP1 dengan hasil akhir tercepat dengan gap 0,971 detik atas Joan Mir (Suzuki) di urutan 2 dan unggul 1,145 detik atas Francesco Bagnaia (Ducati).

Ini sebuah jarak yang terbilang sangat telak dibandingkan rata-rata marjin antar pembalap selama ini yang acap di kisaran nol koma nol sekian detik saja. Bahkan sering terjadi 10 Besar hanya terpaut di bawah 1 detik. Itu jelas gambaran betapa berbeda kiprah Marquez di Aragon.

Hasil di FP2 memperkuat fakta itu. Di sesi ini Marquez terpelanting dengan motornya di menit ke-37. Ia tak lanjut mengaspal sementara di sisa waktu itu, sementara semua pembalap berkesempatan memperbaiki catatan waktunya.

Di sini, Marquez hanya tercepat urutan ke-20, ya karena kecelakaan itu.

Yang muncul tercepat Jack Miller (Ducati). Tapi, catatan waktunya dengan Aleix Espargaro (Aprilia) dan Cal Crutchlow (Yamaha) hanya beda kisaran 0,2 detik.

Lebih seru lagi, jarak Miller dengan Iker Lecuona (Tech3 KTM) di peringkat 16, hanya dipisahkan jarak 0,913 detik. 

Artinya, di FP2, jarak tercepat 1 hingga 16 hanya terpaut di bawah 1 detik. Sebaliknya di FP1, Marquez menghajar penghuni urutan 3 dengan lebih  dari 1 detik.

So, meski celaka, tak ada keraguan untuk tetap mengunggulkan Marquez dalam sesi kualifikasi besok maupun race pada Minggu (12-9-2021). Dengan hanya satu catatan, jika tak lagi celaka bersama RC213V-nya. 

Pemimpin klasemen sementara, Fabio Quartararo (Yamaha), memang benar-benar masuk sirkuit `neraka` Aragon yang diakui paling sulit dibandingkan trek lainnya.

Di kedua sesi itu, ia hanya finish P7 dan P8. Bisa jadi hingga race kesulitan El Diablo masih berlangsung, membuka kesempatan Mir dan para joki Ducati memangkas jarak di klasemen.

Perhatian khusus diarahkan pada Maverick Vinales dalam debutnya bersama Aprilia. Tampil mengesankan saat tes di Misano lalu, penampilan eks pembalap Yamaha itu jauh dari oke di Aragon.

Ia hanya sanggup capai posisi 19 tercepat. Satu-stunya yang bisa `dibanggakan` dari posisi itu adalah fakta ia bersaing dengan Valentino Rossi yang eks rekan setimnya di Yamaha dan kini masih jadi pembalap pabrikan Yamaha meski membesut motor tim satelit Petronas Yamaha Srt. 

Entahlah besok, mungkin Vinales bisa `ditarik` sensasi Aleix yang bisa menggeber RS-GP ke posisi tercepat kedua di FP2 hari ini. (rnp)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo