mobilinanews

F1 2021 Turki : Red Bull Honda Dengan Livery Spesial, Nostalgia Meksiko 1965!

Kamis, 07/10/2021 01:03 WIB
F1 2021 Turki : Red Bull Honda Dengan Livery Spesial, Nostalgia Meksiko 1965!
Honda RA 272 besutan Richie Ginther di GP Meksiko 1965, livery putihnya dibawa Red Bull Honda ke GP Turki akhir pekan ini. (Foto: pinterest)

mobilinanews (Inggris) - Berburu kemenangan, tim Red Bull Honda akan tampil beda pada GP Turki, Minggu (10-10-2021) di Istambul Park. Special livery ini tadinya disiapkan untuk GP Jepang di Sirkuit Suzuka.

Perubahan tampilan ini tadinya di set-up untuk memberikan penghargaan khusus buat Honda yang akan tinggalkan ajang F1 di akhir musim 2021.

Sayangnya, prosesi itu batal digelar di kandang Honda sendiri lantaran GP Jepang lagi-algi tak jadi dihelat karena pandemi Covid-19. Ritual itu pun digeser ke GP Turki akhir pekan ini.

"Tadinya kami semua menanti seri Suzuka untuk memberikan penghormatan dan penghargaan kepada Honda yang telah meraih sukses bersama kami di F1. Tapi, kami tak bisa meninggalkan rencana ini begitu saja. Sedikit warisannya kami bawa ke Turki," ungkap Team Principal Red Bull Honda Christian Horner.

Ia mengungkap livery yang dipilih untuk penghormatan ini adalah dominan putih di sekeliling bodi RB16B. Itu mengingatkan kepada besutan Richie Ginther di GP Meksiko 1965 saat meraih kemenangan pertama Honda di kancah balap F1. 

"Ini penghormatan kami bagi perjalanan Honda yang luar biasa di F1. Mudah-,udahan kami bisa kembali memberikan kemenangan buat Honda bersama warna legendaris itu," imbuhnya.

Warna putih itu digunakan Richie Ginther saat membesut Honda RA272 di Mexico City 57 tahun silam. Pembalap asal Hollywood, AS, itu mencetak gelar juara kali pertama buat Honda.

Dan, kebetulan, itu juga satu-satunya kemenangan yang diraih Ginther dalam masa tampilnya di F1 sepanjang 1960 hingga 1967. Kemenangan itu pun hanya membawanya ke peringkat 7 klasemen pembalap pada musim itu.

Kini Red Bull Honda bernostalgi dengan warna putihnya Honda di musim 1965. Seperti kata Horner, harapannya adalah kembali mencetak kemenangan buat Honda.

Kemenangan yang krusial da;am perburuan gelar pembalap maupun konstruktor 2021 melawan pembalap dan tim Mercedes.

Memasuki Istambul Park di Turki, driver Red Bull Honda Max Verstappen berada di urutan 2 klasemen sementara. ia hanya kalah 2 angka dari jagoan Mercedes, Lewis Hamilton.

Sebuah kemenangan, berarti kembalinya Verstappen ke pucuk klasemen sekaligus perbesar peluang menjadi juara dunia 2021.

Beda dengan kejuaraan konstruktor, persaingan tak terlalu ketat. Mercedes sudah unggul 33 poin atas Honda berkat konsistensi dua pembalap Mercedes meraih poin.

Sebaliknya dengan Red Bull Honda di mana Sergio Perez belum sepenuhnya mampu memenuhi ekspetasi tim dalam mencetak poin. (rnp)

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo