mobilinanews
Home »

MotoGP 2021: Kesakitan Saat Belok Kanan, Marquez Memodifikasi Baju Balapnya

Selasa, 19/10/2021 18:31 WIB
MotoGP 2021: Kesakitan Saat Belok Kanan, Marquez Memodifikasi Baju Balapnya
Marc Marque (Spanyol/Honda) saat belok kanan, belum normal seperti sedia kala. (Foto: hondaracingcorporation)

mobilinanews (Spanyol) - Patah tulang kanan di GP Spanyol, Juli 2020, membuat Marc Marquez istirahat panjang hingga awal musim 2021. Ia baru come back di putaran ke-3, GP Portugal, dan kini sudah meraih 2 kemenangan. Tapi, andalan Honda itu mengaku belum juga pulih sepenuhnya setelah 15 bulan menderita.

Dua kemenangan Marquez diraih pada sirkuit berkarakter anticlockwise (berlawanan arah jarum jam dan dominan tikungan kiri) di Sachsenring (Jerman) dan Austin (AS).

Di Aragon (Spanyol) yang juga anticlockwise, ia finish P2 setelah duel ketat di beberapa lap akhir dengan Francesco Bagnaia (Ducati) yang akhirnya juara.

Itu menjelaskan hingga kini efek kecelakaan pada Juli 2020 itu masih tersisa. Lengan hingga bahu kanan Marquez acap kesakitan saat bawa RC213V-nya rebah di dalam tikungan kanan. Hal yang tak ia rasakan saat masuk tikungan kiri.

"Mudah untuk menjelaskan hal itu. Saat rebah di tikungan kiri, tangan kiri saya bisa menahan motor dan bisa gunakan tricep untuk membuat keseimbangan. Sebaliknya di tikungan kanan. Belum saya paksakan dengan gaya sebelumnya, akibatnya justru understeering," kata pemegang berbagai rekor di MotoGP ini.

Sejak kembali ke lintasan, Marquez terus berusaha melawan rasa sakit di bahunya yang kadang berhasil kadang tidak.

"Masih sering sakit di bahu. Ketika Anda merasakan rasa sakit maka segala sesuatunya ikut mudah terganggu. Saya kemudian balapan dengan cara yang berbeda dan itulah sebab mengapa masih sering terjauh musim ini," tuturnya.

Untuk menanggulangi rasa sakit itu, Marquez kemudian dipasok racing suit baru produk Alpinestar. Bagian bahu kanan agak dilonggarkan agar memberi ruang mobilitas tertentu dan tak lagi menekan bagian yang sakit saat bermanuver.

Menurut Marquez, itu lumayan menolong dirinya hingga ke GP Austin lalu di mana ia mampu tampil dominan.

"Sekarang kami terus mengembangkan bagian itu. Inilah yang ingin saya tunggu hasilnya di GP Misano2 dan terutama di Portimao nanti di mana tikungan kanannya sangat menantang," ungkapnya.

Ia berharap modifikasi baju balapnya itu bisa menolong penampilannya hingga akhi rmusim di GP Valencia. Namun, Marquez tak ingin seterusnya demikian.

"Yang benar dan ideal adalah kinerja tangan kanan saya bisa kembali normal, sama baiknya dengan kiri. Itu yang saya inginkan," tegasnya.

Pengembangan modifikasi baju balapnya itu akan dicoba di Misano (6 tikungan kiri dan 10 tikungan kanan) pekan ini dan Portimao (6 kiri dan 9 kanan) pada 5-7 November. (rnp)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo