mobilinanews

MotoGP 2021 Emilia Romagna: 9 Pesawat Freece Tricolori Meriahkan Perpisahan Valentino Rossi

Kamis, 21/10/2021 21:14 WIB
MotoGP 2021 Emilia Romagna: 9 Pesawat Freece Tricolori Meriahkan Perpisahan Valentino Rossi
Il Dottore di tengah lautan kuning di Misano, tradisi yang berakhir pekan ini. (Foto: yamaharacing)

mobilinanews (San Marino) - Valentino Rossi memang punya roh tersendiri di kancah balap motor dunia. Terlebih di negerinya sendiri, Italia, ia bukan sekadar legenda tapi sudah dianggap Dewa MotoGP. Karena itu, prosesi perpisahan pada GP Emilia Romagna pekan ini dipastikan penuh emosi.

Laga di Misano, Minggu (24 Oktober 2021), adalah penampilan terakhir Il Dottore di bumi Italia karena mulai tahun depan sudah pensiun dari MotoGP dalam usia 42 tahun.

Publik Misano yang mayoritas adalah pendukung fanatik The Doctor, seperti biasanya akan membentuk lautan kuning perlambang identitas sang idola. Lengkap dengan berbagai atribut bertuliskan The Doctor, VR46, Rossi atau Vale.

Untuk menghormati Rossi, penyelenggara memasukkan penonton ekstra sebesar 10.000 orang per hari sejak sesi practice hingga raceday.

Kalau di seri Misano sebelumnya penonton dibatasi maksimal 25.000 karena pandemi Covid-19, di hari perisahan ini fans VR46 membludak hingga 35.000 orang.

Jumlah yang masih sedikit dibandingkan event Misano masa lalu yang bisa hadirkan 150.000 ke dalam sirkuit.

Tak hanya itu, perpisahan juga akan dimeriahkan atraksi khusus oleh Freece Tricolori, tim aerobik kebanggaan Italia. Sebanyak 9 pesawat dikabarkan bakal terbang di atas Sirkuit Misano, bermanuver gila-gilaan agar kepergian Rossi tak melulu dalam suasana sedih.

"Balapan di Misano selalu penuh dengan emosi. Saya hanya berharap bisa tampil menghibur fans sepanjang pekan ini," kata pembalap yang besar bersama Yamaha itu.

Musim ini setelah pindah dari tim pabrikan Yamaha ke tim satelit Petronas Yamaha Srt, performa Il Dottore memang melorot dan menjadi musim terburuknya sepanjang karir di MotoGP.

Pemegang 9 gelar juara dunia Grand Prix ini sama sekali tak naik podium tahun ini. Itu kali pertama terjadi sejak ia main di kelas primer pada tahun 2000. Finish terbaiknya pun hanya P8 di GP Austria.

Jika begitu, hiburan macam apa yang bisa diberikan Rossi sebagai persembahan terakhir di Misano? (rnp)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo