mobilinanews

F1 2021 : VW Group Bersiap Masuk, Red Bull dan McLaren Jadi Incaran!

Minggu, 31/10/2021 00:18 WIB
F1 2021 : VW Group Bersiap Masuk, Red Bull dan McLaren Jadi Incaran!
Starting grid Formula1, bakal dimeriahkan mesin Porsche dan Audi. (Foto: goodwood)

mobilinanews (Jerman) - Bulan depan di Wolfsburg, Jerman, para petinggi VW Group akan berkumpul dan memutuskan kepastian pabrikan Jerman ini berkompetisi di ajang balap Formula 1. Disebut-sebut 2 brand akan masuk dari grup ini, yakni Audi dan Porsche.

Bukan rahasia lagi kalau sejak lama VW Group berminat berkompetisi di ajang F1.

Dikutip dari laman formulanerds.com. Berbagai pendekatan awal juga sudah berlangsung, karena itu pertemuan bulan depan disinyalir tinggal tanda tangan persetujuan anggota dewan.

Salah satu persiapan awal, misalnya, seperti diberitaklan Bild di Jerman bahwa Audi sudah ada komunikasi dengan tim Williams F1 yang saat ini menggunakan mesin Mercedes. Sementara brand Porsche menjalin kemungkinan kerja sama dengan McLaren yang saat ini juga mesinnya dipasok oleh Mercedes,

Berita terbaru yang dirilis media f1-insider adalah kemungkinan persekutuan Audi dengan tim Red Bull Racing. Ada juga opsi Porsche yang bersama Red Bull sementara Audi berkolaborasi dengan McLaren.

Kalau jadi, dua brand mobil yang juga tekenal di ajang balap turing dan ketahanan itu akan muncul di grid starting F1 mulai musim 2026. Saat regulasi teknis F1 kembali berubah radikal dengan mengusung type mesin baru turbo V6 1,6 liter dengan bahan bakar sintetis.

Salah satu bentuk persiapan itu tampak juga dari manuver bos Audi, Markus Duesmann, yang dikabarkan sudah mempekerjakan mantan engineer tim BMW untuk tugas yang disebut `khusus`. 

Nama lain yang disebut-sebut punya andil penting dalam persiapan ini adalah insinyur mesin terkenal Jerman, Andreas Seidl yang saat ini menjabat Team Principal McLaren.

Seidl juga mantan orang BMW dan sangat mengenal Desmann dan Baker. Sebelum jadi petinggi di F1, Seidl adalah manajer teknik dalam tim Porsche ke ajang balap ketahanan LeMans 24H.

Dari kronologi itu maka sangat wajar kalau McLaren di bawah Seidl diebut-sebut sebagai kandidat potensial untuk membawa mesin Porsche atau Audi ke ajang balap F1 per 2016.

Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari VW Group soal pertemuan bulan depan. Juga belum ada tanggapan Red Bull Racing yang tahun ini berpisah dengan Honda dan membangun Red Bull Powertrains mulai musim 2022 untuk produksi mesin.

Apakah tim Austria ini merapat ke negeri tetangganya, Jerman, atau memilih membangun brand sendiri? (rnp)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo