mobilinanews

MotoGP 2021 Algarve: Ducati Pastikan Juara Konstruktor, Trofi Juara Tim Menanti di Valencia

Senin, 08/11/2021 01:01 WIB
MotoGP 2021 Algarve: Ducati Pastikan Juara Konstruktor, Trofi Juara Tim Menanti di Valencia
Duet Ducati Francesco Bagnaia (Italia) dan Jack Miller (Australia), sudah pastikan gelar konstruktor di GP Algarve Portugal hari ini. (Foto: motogp)

mobilinanews (Portugal) - Tahun pertama pasangan Francesco Bagnaia dan Jack Miller di tim pabrikan Ducati langsung membuahkan hasil. Sukses Bagnaia menjuarai  GP Algarve, Minggu (7 November 2021) memastikan pabrikan Italia ini meraih trofi kejuaraan konstruktor tahun ini.

Tambahan 25 poin membuat Ducati kini memimpin kejuaraan dunia konstruktor dengan total poin 332. Pesaing mereka, Yamaha, hanya memetik 3 poin di Portugal, itu pun berkat finish Valentino Rossi (Pteronas Yamaha Srt) di urutan 13.

Dua rider pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli, gagal meraih poin. Quartararo jatuh di lintasan, kecelakaan pertamanya tahun ini, sedangkan Morbidelli hanya sanggup finish di urutan 17.

Musibah Quartararo Membuat Yamaha kini hanya meraup 298 poin di kejuaraan konstruktor. Tertinggal 34 poin dari Ducati maka selisih itu tak mungkin lagi dikejar pada seri terakhir di GP Valencia minggu depan. Batas poin yang bisa dipetik hanyalah 25 jika rder Yamaha juara di sana.

Tak hanya itu sukacita Ducati di Portimao. Sukses Miller finish di P3 membuat Ducati juga unggul dengan selisih poin signifikan di kejuaraan tim. Pasangan Bagnaia - Miller kini mengumpulkan poin 392.

Sementara pasangan Quartararo - Morbidelli punya total poin 364. Selisih 28 poin membuat duet Ducati hanya butuh tambahan 18 poin di Valencia. Tugas yang tentu tak berat bagi keduanya jika balapan berlangsung normal.

Buat Bagnaia, gelar juara konstruktor yang sudah dikunci di Portugal menjadi hadiah khusus menyusul kegagalannya menjadi juara dunia pembalap.

"Tahun ini kami sangat kompetitif. Itu sudah membuat saya puas meski gagal menjadi juara dunia. Ini sangat penting sebagai bekal menuju musim tahun depan, kami akan jadi salah satu yang diperhitungkan di baris depan," ujar Bagnaia yang juga sudah memastikan posisi runner up kejuaraan dunia di bawah Quartararo yang bergelar juara dunia 2021.

Dengan total poin 227, posisinya tak lagi mungkin digeser Joan Mir (Suzuki) sang juara dunia 2020 yang berada di posisi ketiga dengan poin 195. Saat sama Mir juga pastikan peringkat tiga tahun ini karena sudah unggul 30 angka dari Miller di posisi ke-4.

Yang amsih ramai adalah perebutan P4 antara Miller dengan Johann Zarco (Pramac Ducati). Jarak keduanya hanya terpisah 2 poin, 165 versus 163.

Selisih 2 poin inilah yang bakal mereka perjuangkan di seri pamungkas. Tak hanya demi perbaikan peringkat musim 2021, tapi juga untuk `perbaikan` nilai bonus yang bakal dipetik di akhir musim. (rnp)

KLASEMEN KONSTRUKTOR 

1. Ducati, 332

2. Yamaha, 298

3. Suzuki, 227

4. Honda, 211

5. KTM, 196

6. Aprilia, 114

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo