mobilinanews

Mandalika Lahirkan Toprak Razgatlioglu Sebagai Juara Dunia WSBK 2021

Minggu, 21/11/2021 17:38 WIB
Mandalika Lahirkan Toprak Razgatlioglu Sebagai Juara Dunia WSBK 2021
Mandalika Lahirkan Toprak Razgatlioglu Sebagai Juara Dunia Baru di WSBK Mandalika 2021.

mobilinanews (Mandalika) - Pembalap Pata Yamaha, Toprak Razgatlioglu keluar sebagai juara dunia usai Race 1 WSBK Mandalika 2021 di Sirkuit Mandalika, Minggu (21/11/2021) hari ini.

Toprak keluar sebagai juara dunia baru walau hanya finish kedua di belakang Jonathan Rea. Posisi ketiga ditempati Scott Redding.

Riders asal Turki, Toprak memastikan gelar dengan keunggulan 25 poin atas Rea di posisi kedua. Sisa 25 poin sebenarnya masih diperebutkan di Race 2 tetapi Toprak unggul kemenangan Race 1 dan 2 di WSBK sepanjang musim ini.

Toprak yang menempati pole position sempat terlempar ke posisi ketiga. Namun, pembalap ia bisa kembali ke posisi kedua di lap kedua.

Toprak tak menemui kesulitan berarti untuk melewati Scott Redding. Satu lap berselang, Toprak bahkan mampu melewati Rea yang ingin menjaga asa meraih gelar WSBK musim ini.

Persaingan posisi depan masih sengit karena pembalap asal Italia, Axel Bassani bisa melewati Rea di lap keempat.

Bassani yang tampil cepat di awal balapan mampu merebut pimpinan lomba untuk sementara. Namun, Bassani tidak bertahan lama karena kesulitan mempertahankan posisinya.

Rea kemudian mengambil alih pimpinan balapan saat balapan tersisa 15 lap. Toprak sempat melewati Rea tetapi pembalap asal Inggris itu kembali bisa merebut posisi terdepan.

Toprak tidak menyerah. Kerja kerasnya berbuah manis karena berhasil melewati Rea di tikungan ke-10 saat balapan tersisa 12 lap.

Persaingan antara Rea dan Toprak makin sengit. Saling salip di antara kedua pembalap terjadi dan Toprak pada akhirnya mampu kembali mengambil alih posisi pimpinan balapan.


Saat balapan tersisa 9 lap, Redding yang semula kesulitan justru bisa tampil cepat. Ia bahkan bisa memimpin balapan saat Toprak melebar di tikungan yang membuat Redding memimpin balapan diikuti kompatriotnya, Rea di posisi kedua.

Posisi terdepan yang dimiliki Redding mampu direbut Rea memasuki lima lap tersisa. Setelah Rea memimpin balapan, pertarungan sengit terjadi antara Redding dan Toprak untuk posisi kedua.

Toprak kemudian bisa melewati Redding di tikungan setelah trek lurus memasuki tiga lap terakhir. Posisi kedua bisa dipertahankan Toprak hingga finish.

Posisi itu sudah cukup untuk memastikan Toprak juara WSBK 2021 meski Rea keluar sebagai juara Race 1 WSBK Mandalika.


Pada race 2, Jonathan Rea kembali meraih kemenangan di WSBK Mandalika yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Minggu (21/11/2021) sore.

Balapan race 2 WSBK Mandalika mengalami penundaan selama lebih dari satu jam karena hujan deras yang mengguyur area sirkuit.

Race 2 baru dimulai sekitar pukul 16.30 WITA dan pihak penyelenggara memutuskan para pembalap hanya akan tampil selama 12 lap.

Start berlangsung di atas lintasan yang masih basah,Toprak Razgatlioglu langsung melesat setelah start. 

Namun para pesaing tak ingin memberi keistimewaan pada sang juara dunia yang baru ditahbiskan pada race 1.

Jonathan Rea, Scott Redding dan Bassini membuntuti Toprak. Rea bahkan mengambil alih posisi terdepan pada lap kedua. Sama seperti race 1 yang berlangsung sengit, race 2 pun diwarnai aksi salip menyalip di antara pembalap-pembalap terdepan.

Toprak menempati peringkat ketiga pada lap ketiga. Redding dan Rea kmudian bersaing menempati posisi terdepan. Leandro Mercado menjadi pembalap pertama yang jatuh dalam race 2

Rea kemudian mengambil alih lagi posisi terdepan. Rea, Redding, Toprak, Bassini, dan Michael Van Der Mark jadi pembalap terdepan.

Menyisakan delapan lap lagi, Bassini terjatuh pada tikungan terakhir. Redding dan Rea kemudian bersaing memperebutkan posisi pimpinan balap.

Redding memimpin lagi pada lap kelima. Di saat yang sama, Toprak turun ke posisi keempat setelah dibalap Van der Mark. Dua duel sengit pun terjadi. Redding dan Rea berebut posisi terdepan, sementara Van der Mark dan Toprak bersaing memperebutkan zona podium.

Saat matahari mulai sedikit terlihat di langit Mandalika, bertepatan dengan lap ketujuh, persaingan empat pembalap dalam dua persaingan berbeda masih terus terjadi.

Memasuki lap kesembilan, Rea ada di depan Redding. Van Der Mark juga belum bisa digeser Toprak. Rea memimpin balapan hingga bendera finish berkibar.

Meski memenangi 2 race, Rea harus rela menyerahkan gelar juara dunianya kepada Toprak musim ini. (bs)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo