mobilinanews

F1 2021: Max Verstappen Bisa Pastikan Gelar Juara Dunia di Jeddah, Begini Syaratnya

Jum'at, 26/11/2021 01:03 WIB
F1 2021:  Max Verstappen Bisa Pastikan Gelar Juara Dunia di Jeddah, Begini Syaratnya
Head to head Max Verstappen dan Lewis Hamilton di GP Arab Saudi, tak ada yang tidak mungkin. (Foto: f1)

mobilinanews (Inggris) - Sejarah baru di F1 tengah menanti. Max Verstappen menatap gelar perdananya sekaligus gelar pertama driver Belanda. Di sisi lain Lewis Hamilton tengah dalam proses menuju rekor fenomenal, 8 kali juara dunia F1. Sejarah siapa yang terukir ditentukan di Jeddah, Arab Saudi pada pekan depan?

Saat ini, momentum positif tengah berada di skuad Mercedes berkat kemenangan beruntun di Brasil dan Qatar. Dengan mesin eks Brasil yang akan digunakan di Sirkuit Jeddah, Hamilton benar-benar di atas angin dan difavoritkan juara di GP Arab Saudi.

Tapi, sejarah juga mengajarkan kalau status favorit tak selalu sejalan dengan hasil akhir. Banyak peristiwa tak terduga yang memporakporandakan prediksi atau hitung-hitungan awal. Contohnya adalah DNF Verstappen di Azerbaijan saat sudah unggul jauh dari Hamilton, namun pecah ban saat posisinya sangat menguntungkan.

Karena itu, tak mustahil pula terjadi kejutan-kejutan tak terduga di Jeddah. Terutama karena trek ini baru kali pertama digunakan untuk balapan. Hal kecil seperti pasir di pinggir lintasan saja bisa membuat perubahan besar. Apalagi ini trek jalan raya.

Karena itu sama sekali tak ada jaminan Hamilton atau Verstappen yang bakal juara. Yang pasti ada perbedaan besar jika Verstappen yang juara maka ia bisa raih gelar dunia perdananya di Jeddah jika lawannya finish pada urutan tertentu. 

Sebaliknya, Hamilton masih harus lanjutkan pertarungan ke seri terakhir di Abu Dhabi jika menang di Jeddah. Jika ia juara plus 1 bonus poin dari fastest lap sementara Verstappen finish P2, maka jumlah poin keduanya sama menuju seri pamungkas. Membuat seri Abu Dhabi bakal sangat mendebarkan.

Untuk memastikan gelar 2021 di Jeddah, ini situasi yang dibutuhkan seputar hasil balapan.

Verstappen akan juara dunia F1 jika:

- Verstappen finis pertama dengan lap tercepat dan Hamilton finish keenam atau lebih rendah

- Verstappen finish pertama dan Hamilton finish ketujuh atau lebih rendah

- Verstappen finish kedua dengan Lap Tercepat dan Hamilton finish ke-10 atau lebih rendah

- Verstappen finish kedua dan Hamilton tidak mencetak poin.

Dengan kenyamanan dan kekuatan yang dimiliki Hamilton saat ini, memang sulit mengharapkan hal-hal di atas akan terjadi. Tapi, tak satu pun yang bisa memastikan kalau hal demikian tak mustahil terjadi.

Silakan para pendukung Verstappen bantu dengan doa, begitu pula dengan fans Hamilton. (rnp)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo