mobilinanews

Peserta Celebes 3 Days Overland Dilepas Walikota Parepare Menuju Ollon Toraja

Sabtu, 04/12/2021 05:01 WIB
Peserta Celebes 3 Days Overland Dilepas Walikota Parepare Menuju Ollon Toraja
Peserta motor trail mengawali start overland di Parepare menuju Toraja. (foto : chahe)

mobilinanews (Makassar) - Komunitas pemilik mobil Jeep JK di Sulawesi Selatan menggelar event Celebes 3 Days Overland. Ajang offroad yang berlangsung selama 3 hari ini dimulai 3-5 Desember 2021 dari Pare Pare ke Ollon Toraja.

Inilah event garapan JK Owners Celebes yang dinantikan offroader. Sesuai dengan slogan Pengurus Daerah Indonesia Off-road Federation (Pengda IOF) Sulawesi Selatan, mengusung tagline "Kita Offroader, Kita Satu, Kita Kuat" menjadi tempat kumpulnya para offroader.

Apa syarat peserta? "Pertama memiliki KTA IOF, lalu memakai mobil 4x4 minimal ban MT maksimal 35 ichi, membawa peralatan camping dan recovery kit, serta wajib membawa trash bag atau kantong sampah," ungkap Randi, selaku Ketua Pelaksana Kegiatan.

Tentunya harus tetap menerapkan standar sesuai protokol kesehatan. "Kalau itu, tak bisa ditawar lagi, wajib dipatuhi. Petualang lintas alam dengan mobil double gardan ini didukung oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Dispora, dan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Sulawesi Selatan.

Ada banyak rangkaian kegiatan dalam event ini. Mulai dari pelantikan Pengurus Cabang IOF Parepare, bakti sosial di jalur yang dilintasi, membantu perbaikan jembatan warga setempat, serta pembagian bantuan alat tulis sekolah untuk anak-anak di pelosok.

Start dilepas Walikota Parepare HM Taufan Pawe menuju Rasape melewati Baruppu. Lalu diarahkan ke Cemba dan basecamp pertama di Lewaja, Enrekang. Selanjutnya, Dante Pine ke arah Cekong melalui Kalosi jalan poros Trans Sulawesi hingga belok ke Baraka sebelum menuju finish di Ollon Toraja.

Menariknya, peserta menggunakan kendaraan 4x4 dan 2x1 berasal dari semua Pengurus Cabang (Pengcab) IOF yang telah terbentuk di Sulawesi Selatan. "Total ada 100 unit kendaraan dengan jumlah peserta 259 orang," beber Randi.

Tujuannya untuk pembinaan bakat offroader yang ada di Sulsel. "Event ini warming up atau pemanasan untuk event internasional tahun 2022 yaitu SCO, singkatan South Celebes Overland," tutur Adi Rasyid Ali, Ketua Pengda IOF Sulawesi Selatan yang ikut hadir.

"Nanti akan dihadiri petualang dan offroader mancanegara, seperti Amerika, Belanda, Australia, Malaysia dan Brunei. Jadi event 3 Days dan SCO ke depan untuk menggali potensi wisata yang belum tergali oleh Pemerintah setempat," ungkap ARA, panggilan akrab Ketua IOF Sulsel.

"Termasuk juga spot wisata yang sudah ada, kita akan lebih promosikan ke tingkat nasional dan internasional. Bukan hanya sekedar offroad, ada banyak kegiatan ditampilkan, salah satunya lomba fotografi tema tentang wisata alam," pungkas ARA, Wakil Ketua DPRD Makassar ini. (bangve)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo