mobilinanews

Ikut Balap Virtual Le Mans 24 Hours, Cara Max Verstappen Isi Waktu Kosong Balap F1

Rabu, 12/01/2022 02:08 WIB
Ikut Balap Virtual Le Mans 24 Hours, Cara Max Verstappen Isi Waktu Kosong Balap F1
Max Verstappen (Belanda/Red Bull) di salah satu event sim racing tahun lalu. (Foto: autobahn)

mobilinanews (Monaco) - Juara dunia F1 2021 Max Verstappen salah satu driver F1 yang rajin berkompetisi di balap virtual atau akrab disebut sim racing karena menggunakan simulator.

Ia bahkan punya tim sendiri, Redline. Ternyata ini bukan sekadar games buat driver Red Bull Racing itu.

Di saat libur dari lintasan F1, pembalap berdarah Belanda-Belgia itu lebih suka main balap-balapan ketimbang santai ke pantai atau pegunungan.

Tahun lalu ia acap ikuti sim racing Formula 1 dengan kenikmatan tersendiri karena ia merangkap driver, mekanik, dan direktur strategi di lintasan.

Akhir pekan ini, ia kembali ke trek virtual. Bukan ke ranah F1, tapi balapan ketahanan LeMans 24 Jam versi online.

Gunakan `mobil` Grand Touring menjadi tantangan dan pembelajaran tersendiri baginya. Banyak hal di balapan dunia maya yang ia bisa gunakan sebagai persiapan saat berlaga sebenarnya di trek F1.

"Saya harus terus menguji diri sendiri. Sangat menarik bertarung dengan para pembalap sim racing. Mereka tak punya pengalaman nyata dengan balap F1, tapi entah bagaimana saya bisa melihat mereka lakukan pengereman dan bagaimana mengontrol mobil sama persis dengan seharusnya di balapan nyata," katanya.

"Saya belajar dari mereka untuk dimanfaatkan begitu saya masuk mobil jelang balapan. Sangat menarik untuk mebandingkan diri saya dengan mereka. Secara alami mereka sangat kencang di sim racing, sebaliknya saya kencang di balapan nyata. Mereka menjadi patokan dan saya harus memberikan perlawanan sampai batas terakhir. Saya selalu berusaha memperbaiki diri dan saya yakin itu akan bermanfaat saat balapan di dunia nyata," lanjutnya.

Itu sebabnya ia menjadikan sim racing bukan sekadar permainan. Namun sebuah kegiatan kompetitif yang juga harus ia persiapkan diri dengan matang untuk meraih kemenangan. 

"Menang di sini sama saja rasanya dengan menang di sirkuit. Sama-sama lewat strategi dan perjuangan keras. Untuk berhasil Anda harus menganggapnya sebagai balapan serius," ungkap Verstappen.

Untuk balap ketahanan LeMans 24H pekan ini, Verstappen optomistis akan memetik ilmu baru.

"Di LeMans kami tak gunakan mobil F1, tetapi Grand Touring. Tentu saja cara mengemudinya akan berbeda. Ini akan sangat menyenangkan," tambahnya. (rnp)

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo