mobilinanews

3 Tips Aman ala Daihatsu Saat Berkendara di Musim Hujan

Jum'at, 28/01/2022 01:01 WIB
3 Tips Aman ala Daihatsu Saat Berkendara di Musim Hujan
Mengemudi mobil dalam kondisi hujan dengan jarak pandang yang terbatas, harus tetap waspada

mobilinanews (Jakarta) - Beberapa waktu terakhir, hujan mulai mengguyur berbagai daerah di Indonesia. Hal ini tentu membutuhkan antisipasi lebih dari penngguna kendaraan baik motor maupun mobil.

Berkaita dengan itu, dalam beraktivitas, pengguna kendaraan perlu persiapan yang lebih saat melakukan perjalanan, mulai dari persiapan fisik karena membutuhkan konsentrasi ekstra, kondisi mobil prima, hingga teknik mengemudi yang baik.

Berikut 3 tips aman dan nyaman ketika akan berkendara dalam kondisi hujan, yang perlu diperhatikan pemobil agar tidak sampai menimbulkan masalah saat melakukan aktivitas.

1. Persiapan Diri

Sebelum berkendara, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan prima.Hal ini merupakan aspek terpenting dalam beraktivitas, terlebih ketika akan berkendara. Pemobil juga perlu menyiapkan payung agar tidak ribet dan terpapar hujan, saat turun di tempat yang tak punya kanopi

Membawa atau menggunakan baju hangat ketika akan berkendara. Untuk berjaga-jaga, pemobil dapat menyediakan alas kaki atau sandal cadangan di dalam mobil.

2. Persiapan kendaraan

Periksa kondisi ban, jika karet ban sudah tipis, sebaiknya segera ganti. Alur ban yang masih baik membantu kita untuk terhindar dari risiko melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) ketika hujan.

Pemobil juga perlu mengecek kondisi karet wiper. Komponen ini sangat penting dalam menyapu air terutama bagian kaca depan demi menjaga visibilitas Sahabat dalam berkendara. Periksalah komponen ini secara berkala, dan gantilah bila kondisinya sudah getas dan sapuannya tidak bersih.

Mereka juga pelu memastikan semua lampu kendaraan berfungsi dengan baik. Komponen ini akan sangat membantu dalam memberikan visibilitas baik bagi Sahabat atau pun pengendara lainnya.

3. Jaga Keamanan saat berkendara

Nyalakan lampu ketika hujan deras, karena pandangan di jalanan biasanya kurang jelas, sehingga lampu kendaraan akan membantu pengemudi dan memberi tanda untuk pengendara di sekitar. Jangan lupa untuk menjaga jarak agar dapat bereaksi terhadap manuver pengendara lain yang mendadak.

Tidak menyalakan lampu hazard ketika hujan, karena dapat mengganggu konsentrasi dan menyulitkan pandangan pengendara lain, khususnya di belakang kita yang dapat mengurangi kepekaan saat akan memperlambat, dan berpindah jalur atau berbelok arah.

Bila harus melewati jalan yang tergenang, jangan panik tetap tenang, pakai gigi rendah dan RPM yang stabil, agar mobil tetap berjalan dengan normal dan tidak menimbulkan masalah

“Konsumen dapat memastikan kendaraannya agar selalu dalam kondisi prima dengan melakukan service rutin di bengkel resmi Daihatsu terdekat”, kata Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi, Kamis (27/1/2022).(elk)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo