mobilinanews

Rally Officials Seminar 2022 Digelar Sebagai Upaya Menjaga Regenerasi Motorsport di Indonesia

Rabu, 02/02/2022 07:08 WIB
Rally Officials Seminar 2022 Digelar Sebagai Upaya Menjaga Regenerasi Motorsport di Indonesia
Rally Officials Seminar 2022 untuk memajukan generasi baru rally dan sprint rally

mobilinanews (Jakarta) - Industri motorsport Tanah Air yang terus berkembang, menjadi salah satu alasan untuk melakukan update pengetahuan dan informasi terkait dunia reli baik teknis maupun non teknis bagi orang-orang yang berkecimpung di dalamnya.

Dalam menyiapkan generasi baru ini, Adi Wibowo sebagai penggiat motorsport Indonesia dan Ketua Penyelenggara acara Rally Officials Seminar 2022, menjelaskan kegiatan ini merupakan langkah untuk melestarikan serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi semua civitas rally dan sprint rally di Indonesia.

“Dengan diadakannya Rally Officials Seminar (ROS) 2022 ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan maupun wawasan untuk penyelenggara (EO), stewards, CoC, Scrutineer, Marshall, Manager maupun pereli dan co-driver itu sendiri,” jelas Adi Wibowo.

Event yang bakal digelar selama dua hari (5-6 Februari 2022), akan diselenggarakan secara hybrid yakni menggabungkan antara peserta online dan offline.

Untuk penyelenggaraan secara offline, dikarenakan saat ini penerapan mobilitas masih dilakukan maka hanya akan menampung 25 persen dari total peserta yang mengikuti acara ini.

“Dengan seminar ini, kami mencoba membahas secara detail mengenai tahapan penyelenggaraan event rally maupun sprint rally yang berlaku,” tambah Adi Wibowo.

Sementara itu, Poedio Oetojo sebagai sosok yang memiliki banyak pengalaman dalam penyelenggaraan event reli di Indonesia menjelaskan nantinya ia akan memberikan banyak informasi terkait beberapa hal penting dalam balap rally dan sprint rally.

“Ya kalau kita lihat sekarang, kami dari Komunitas Rally Indonesia ingin menjalankan regenerasi di sini agar nantinya mereka yang masih enerjik bisa memahami bagaimana caranya membuat susunan balapan, salah satunya adalah Itenary. Memang saat ini tidak banyak yang bisa melakukan, tapi  adanya seminar ini diharapkan dapat memberikan stimulus positif bagi generasi berikutnya,” ungkap Poedio Oetojo.

Di lain sisi, Lanang Damarjati selaku Ketua Komisi Rally dan Sprint Rally, menjelaskan bahwa seminar ini juga sebagai transfer pengetahuan dari mereka yang senior kepada para junior agar dapat lebih memahami secara keseluruhan tentang event, regulasi serta informasi lainnya.

“Saya pengin semua orang mengerti tentang rally dan sprint rally, baik yang ada di buku peraturan serta yang tidak ada di buku peraturan. Banyak yang sudah ditulis di buku peraturan, tapi karena mereka malas membaca sehingga tidak tahu, dan kerap menjadikannya salah arti,” tambah Lanang Damarjati.

Ia juga memberikan tambahan, di tengah majunya penggunaan mobil-mobil rally yang digunakan juga harus diimbangi dengan pengetahuan yang lebih baik lagi.

“Kalau dari penggunaan mobilnya saja sudah mengalami pembaruan, serta hadir dengan mobil yang modern. Maka kami juga berharap semua civitas dapat lebih mengupdate informasi baik peraturan teknis maupun non teknis untuk rally dan sprint rally ini,” imbuhnya.

Rencananya, Rally Officials Seminar 2022 juga akan menghadirkan sharing session dari Juara Nasional Co-Driver Rally dan Sprint Rally 2021 yakni Mago Sarwono dan M Redwan memberikan pengetahuan kepada semua penggemar rally dan sprint rally di seluruh Indonesia.

Event ini tidak lepas dari peran serta beberapa unsur seperti komunitas, tim, dan penyelenggara yang sudah bersungguh-sungguh untuk menghadirkan seminar informatif ini.

"Terima kasih atas segala komitmen yang dihadirkan untuk kemajuan motorsport khususnya rally dan sprint rally di Indonesia. Semoga seluruh event dapat berjalan dengan lancar," pungkas Adi Wibowo. (sya)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo