mobilinanews

Sprint Rally Jogja 2022 Istimewa, Gambir Dirga: Awalnya Mau Latber, Eh, Jadi Kejuaraan Beneran!

Rabu, 09/02/2022 12:28 WIB
Sprint Rally Jogja 2022 Istimewa, Gambir Dirga: Awalnya Mau Latber, Eh, Jadi Kejuaraan Beneran!
Ganbir Dirga, membuat event sprint rally di Yogyakarta untuk menjaring bibit-bibit baru, hidupkan bengkel serta ajang reunian. (Foto : ist)

mobilinanews (Yogyakarta) - Sosok di balik event Sprint Rally Yogyakarta 2022 Istimewa yang akan dilangsungkan di sirkuit Tambakrejo Baru, Yogyakarta adalah Gambir Dirga.

Mantan pembalap motor maupun mobil tahun 80-90an yang memiliki obsesi mengembangkan bakat-bakat terpendam di Yogyakarta sekaligus ajang reunian dengan para pembalap seangkatannya.

Berikut penuturan pakde Gambir Dirga :  

"Awalnya, event ini kami buat hanya untuk ajang latber (latihan bersama). Akan tetapi setelah dapat telepon dan masukan dari Ketua Komisi Sprint Rally IMI Pusat (om Lanang Damarjati), kalau lakber nggak boleh ada pendaftaran dan hadiah. Makanya kami rubah menjadi event Sprint Rally Yogyakarta 2022 Istimewa.

Gambir Dirga, promotor sprint rally istimewa. (foto : ist)

Dan kami membentuk panitia dengan serius dan kami memakai COC (Pimpinan Perlombaan) segala yaitu om Emay Achmad cs. Lalu, terjadilah penggarapan event yang serius dan sampai sirkuit Tambakrejo Baru kami rehab menjadi 2,2 km satu putarannya.

Yang mendaftar sudah ada 78, kami berdiskusi dengan om Emay sebagai COC. Untuk pendaftar dibatasi sampe 70, karenakan waktu yang tidak memungkinkan. Dari yang ngelist di grup WA jumlah 78 peserta namun yang ngisi link pendaftaran baru 57 peserta sampe sekarang (Selasa 8/2/2022) sore.

Pereli muda berprestasi Bintang Barlean dari Batam juga sudah mendaftar dan mengisi di link pendaftaran.

Kalau nama eventnya : SPRINT RALLY YOGYAKARTA 2022 ISTIMEWA. Kenapa istimewa karena setiap peserta dan dua kru akan mendapatkan makan siang gratis dengan menu ala desa Yogyakarta (sayur lodeh ikan teri telur dadar dan tak lupa tahu tempe dua, yang masaknya dibacem dan tidak dibacem).

Lalu, dapat paddock gratis dan ada hadiah door prize berupa 2 unit sepeda motor, kulkas, TV dan barang elektronika lainnya.

Kami juga membuat event ini untuk reunian dengan para senior, penggiat dunia otomotif miisalnya speed offroad dan sprint rally era tahun 80 -an om, agar bisa kumpul sambil melihat atau mungkin ikut sambil bersendau gurau, biar awet muda (menolak tua😁😄😂).

Saya dulu kecil ikut minicros bersama sama mas Satya Sunarso era th 70-an, trus baru th 1984 ikut Time Rally pakai jeep Daihatsu Hunter dapat juara 3, th 88 main Time Rally yang pakai SS dapat juara slalom untuk klas B dan rallynya juara 3.

Th 85, main Gastrack motor th 87 main ke Salatiga kumpul dengan cak Pergol dan Usman Adi (Gembleh) ikut gasstrack mobil pakai jeep Toyota canvas punyak saudara cak Pergol. Waktu itu ada 3 jeep Toyota canvas.

Trus main motocross th 88 waktu itu dipinjami motor Suzuki SE punyanya Bambang Tebok yang minjami Gembleh dkk, main di final bareng Jhony Pranata, Satya, Tong Eng, Hoho, Soma, Iwan Bigwanto, Tanujaya kakak beradik. Yang nggak ngetop cuma saya om, akhirnya kalah di final.

Th 90 sudah nggak aktif sampe sekarang, baru akan mulai lagi untuk sprint rally.

Kebetulan kami (SMIRT) STIE MITRA INDONESIA RACING TEAM didukung temen-temen senior mengadakan event sejak th 2019 sampe 2020 trus berhenti karena Covid.

Baru mulai th 2022 ini, tujuan pertama sambil memperkenalkan perguruan tinggi STIE MITRA INDONESIA dan STTIPSI. Kedua untuk membangkitkan kegiatan otomotif khususnya Sprint Rally di Jogja, karena saya lihat bibit muda pembalap sprint rally banyak di jogja.

Dan ketiga agar bengkel mobil bisa berkembang serta toko-toko onderdil mobil makin laris, itu tujuan kami, om." (bs)
 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo