mobilinanews

F1 2022 : Efek Gelar Max Verstappen, Red Bull Racing Raup Rp 9,3 Triliun Dalam Seminggu

Rabu, 16/02/2022 21:18 WIB
F1 2022 : Efek Gelar Max Verstappen, Red Bull Racing Raup Rp 9,3 Triliun Dalam Seminggu
Christian Horner dan Max Verstappen, sukses ganda di tim Red Bull Racing. (Foto: ist)

mobilinanews (Inggris) - Bagi sebagian orang, perebutan gelar juara dunia F1 2021 masih menyisakan kontroversi hingga saat ini. Tapi, Red Bull Racing justru sudah mencicipi hasil yang luar biasa.

Baru saja tim Austria yang bermarkas di Inggris ini mengikat sponsorship dengan Bybit, mata uang kripto yang tengah mengglobal. Kedua pihak tak sebut nominalnya, tapi beberapa sumber media menyebut total 150 juta dolar AS untuk 3 tahun. 

Pekan lalu, tim yang tahun lalu menjadikan Max Verstappen jadi juara dunia F1 ini sudah mendapuk 500 juta USD lainnya. Itu datang dari perusahaan teknologi Oracle yang menjadi title sponsor Red Bull Racing dengan durasi 5 musim ke depan.

Total USD 650 juta dalam sepekan tentu jadi torehan istimewa di tengah krisis finansial dalam dua tahun terakhir gegara pandemi Covid-19. Jika dirupiahkan, duit itu setara dengan kisaran Rp 9,3 triliun.

Dan, ini semua belum termasuk nilai berbagai sponsor lainnya yang akan branding di mobil RB18 2022 maupun racing suit duet pembalap Verstappen dan Sergio Perez.

Duit berlimpah ini jelas memudahkan Red Bull melakukan pengembangan lebih jauh di semua sektor, terutama program pembangunan mesin sendiri setelah Honda keluar dari F1.

Tentunya, kemudahan finansial ini tak lepas dari efek Verstappen sebagai pemegang gelar dunia.

Sekadar info, budget cap F1 yang ditetapkan FIA untuk 2022 adalah USD 140 juta dan mulai tahun depan jadi USD 135 juta. Artinya, dari 2 sponsor itu saja sudah melebihi anggaran tim untuk 3 tahun ke depan.

"Kami senang menyambut Bybit ke dalam tim. Ini sinerji yang tepat saat F1 memasuki era baru teknologi F1, saat di mana Bybit juga menjadi tombak teknologi di bidangnya. Kami sepakat untuk meramaikan pengalaman penggemar F1 melalui trobosan inovasi digital," komentar Team Principal Rwd Bull Racing Christian Horner.

Mata uang kripto adalah bisnis baru yang langsung menggurita dalam sistem keuangan dunia. Kolaborasi Red Bull dan Bybit menjadi peristiwa pertama mata uang digital masuk kompetisi olahraga sebagai sponsor. (rnp)

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo