mobilinanews

Lay Out Jakarta Formula E Circuit Ancol "Sudah Terlihat", Akhir April 2022 Ditargetkan Rampung

Senin, 21/02/2022 17:28 WIB
Lay Out Jakarta Formula E Circuit Ancol "Sudah Terlihat", Akhir April 2022 Ditargetkan Rampung
Pada foto tampak sebagian besar tanah sudah rata di areal sirkuit Formula E Ancol yang kini tengah dikebut pembangunannya. (foto : jktinfo/rifky widianto)

mobilinamews (Jakarta) - Jakarta Formula E Circuit di kawasan Ancol Timur, Jakarta Utara, ternyata sudah mulai dikerjakan dan tampak bentuk lay outnya.

Dikutip dari instagram @jktinfo, ada 2 foto dengan watermark Rifky Widianto yang menunjukkan sirkuit balap untuk Formula E tersebut seperti mulai dikebut pengerjaannya.

Pada foto di slide pertama, tampak lokasi sirkuit yang diambil dengan drone tersebut dari ketinggian tertentu, tanah sudah rata dan dipadatkan.

Dari foto itu, tampak JIS (Jakarta International Stadium) yang megah dan sebentar lagi rampung pembangunannya sebagai view atau latar belakang dari sirkuit sepanjang 2,4 km dengan 18 tikungan itu.

Sementara pada foto slide 2 fokus pada areal sirkuit yang tengah dibangun, namun dengan latar belakang pantai dan laut.

Ketua Organizing Committee Formula E Jakarta 2022, Ahmad Sahroni dalam siaran pers yang dikirim ke redaksi Mobilinanews menjelaskan, sirkuit Formula E Jakarta dibangun dengan mengikuti spesifikasi dari FEO dan FIA.

"Dijadwalkan, pembangunan sirkuit akan selesai April 2022. Mengingat sirkuit E-Prix menggunakan trek (aspal, maksudnya) seperti di jalan raya sehingga pembuatan bisa dilakukan dengan cepat," ujar Ahmad Sahroni.

Selanjutnya untuk paddock, stage dan grandstand, lanjut Sahroni sifatnya semi permanen sehingga hanya perlu satu bulan saja untuk bongkar pasang.

Vice Managing Director Formula E, Gunung Kartiko menambahkan spesifikasi aspal untuk lintasan balap mobil Formula E sama dengan aspal untuk jalan raya, tentu dengan spec yang bagus. Hal ini lantaran Formula E memang mempunyai kekhasan balapan yang digelar di jalan raya.

"Formula E itu memang tipikalnya balapan di jalan raya, jadi treknya itu city track. Aspalnya pun aspal jalan raya sebenarnya. Walaupun misalnya dahulu rencana mau di GBK sampai Sudirman, ya aspalnya kualitas itu," tutur Gunung Kartiko.

Ini sekaligus menjawab keraguan sejumlah pihak yang merasa sangsi akan rampungnya pengerjaan sirkuit Formula E sesuai waktunya.

Gunung yang melakukan studi banding ke round 1-2 Formula E di sirkuit Diriyah, Riyadh, Saudi Arabia, 28-29 Januari 2022 lalu menambahkan lintasan Formula E dan MotoGP memang berbeda. Sedangkan sirkuit MotoGP mensyaratkan kualitas tinggi dengan spec aspal khusus.

"Makanya kalau ada yang bicara bahwa gak bakal selesai nih 3 bulan karena bangun Mandalika saja berbulan-bulan, ya memang speknya (spesifikasi) beda gitu ya," kata dia.

Sirkuit Formula E di luar negeri, lanjutnya, bahkan hanya jalan biasa yang diberi pembatas untuk kelengkapan faktor keselamatan.

"Jadi kayak ada karet gitu kalau ada hantaman bisa langsung ke barrier. Itu keselamatannya di situ. Bedanya di situ," papar Gunung Kartiko.

Jakarta Formula E Circuit di Ancol Timur akan dibangun sepanjang 2,4 km, 18 tikungan, memiliki trek lurus sepanjang 600 meter, serta clock wise alias searah jarum jam. (wan)
 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo