mobilinanews

Tes Pra Musim F1 2022: Mercedes Dicurigai Sembunyikan Kekuatan, Sikap Hamilton Jadi Indikasi

Minggu, 27/02/2022 02:48 WIB
Tes Pra Musim F1 2022: Mercedes Dicurigai Sembunyikan Kekuatan, Sikap Hamilton Jadi Indikasi
Mercedes W13 menggila di hari terakhir tes di Barcelona, Spanyol. (Foto: mercedes)

mobilinanews (Spanyol) - Bukan hal aneh jika sebuah tim balap tak mengeluarkan seluruh enerjinya dalam sebuah tes, terlebih di hari awal. Itu jugakah yang dilakukan Mercedes di Barcelona, Spanyol khususnya Lewis Hamilton?

Melempem di hari pertama dan kedua, Hamilton mendadak punya speed gila di sesi terakhir Jumat petang waktu Spanyol atau Sabtu (26-2-2022) dinihari WIB. Ia jadi pembalap tercepat sepanjang tes pra musim dengan best time 1 menit 19,138 detik. 

Dengan begitu, Mercedes finish 1-2 karena George Russell berada di bawah Hamilton dengan waktu 1:19,233. Keduanya memasang ban soft (C5) pada W13 mereka, ban berkompon paling lunak yang disediakan Pirelli sebagai pemasok tunggal ban F1.

Bedanya, Russell bikin catatan terbaiknya pada siang hari, tepatnya pukul 12.25 sementara Hamilton pada 17.52. Artinya, jika tarung pada suhu udara yang sama maka Russell dipastikan bisa bersaing ketat dengan Hamilton.

Penampilan di sesi terakhir itu sangat bertolak belakang dengan penampilan Hamilton di sesi sebelumnya yang selalu kalah dari Russell, bahkan juga kalah dengan pembalap Haas dan Williams.

Benarkah Hamilton atau Mercedes menyembunyikan kekuatan sesungguhnya?

Bisa jadi, jika mencermati sikap Hamilton yang sangat rileks di dua hari pertama. Ia tak mengeluh soal catatan waktu maupun performa W13 besutannya.

Dengan nada bercanda, ia sebut kelemahannya hanya pada kursi di kokpit yang terlalu rendah sehingga perlu ganjalan.

Ia pun yakin Mercedes akan siapkan paket yang meyakinkan buatnya. Karena itu ia tak keluhkan apa pun, juga tak panik dengan progress tim Ferrari dan McLaren.

"Kami 8 tahun berturut-turut jadi juara konstruktor. Ini baru tes dan belum gambarkan kekuatan masing-masing," kata Hamilton dan ia buktikan di hari terakhir tes.

Terlepas dari Mercedes sembunyikan kekuatan atau tidak, namun ada hal menarik yang dihimpun dari data lapangan. Mercedes sebenarnya belum bisa anggap enteng para joki Red Bull, McLaren ataupun Ferrari. Pasalnya, mereka gunakan kompon ban yang berbeda saat mencetak best time masing-masing.

Sergio Perez (Red Bull) dan Lando Norris (McLaren)  di urutan tercepat 3 dan 4 menggunakan ban C4 yang sedikit lebih keras dari C5 yang dipasang Mercedes. Keduanya juga bikin waktu itu pada sore hari.

Sementara itu, Charles Leclerc (Ferrari) dan Max Verstappen (Red Bull) bikin best time dengan ban tipe medium (C3) dan tercepat ke-5 dan 6 dengan gap kisaran 0,5 detik dari Hamilton. Kalau Leclerc cetak waktu di sesi siang, Verstappen di sesi sore.

Dari paparan di atas, kesimpulan awal adalah regulasi teknis 2022 yang diberlakukan FIA untuk mesin, sasis, elektronik dan aerodinamika membuat beberapa tim punya kekuatan setara. Yang jadi perbedaan adalah tipe ban yang dipasang pada velg 18 inci yang berlaku musim ini.

Dari data di atas bisa pula disimpulkan kalau Mercedes bisa jadi menyembunyikan apa pun. Mereka tercepat 1-2 tak lain karena ban yang digunakan lebih lembut dari yang lain, yang punya grip atau daya cengkeram terbaik untuk 1 lap.

Masih perlu waktu tambahan untuk menilai potensi para petarung perebutan gelar di serial musim 2022.

Tes pra musim F1 2022 berikutnya berlangsung di Bahrain, 10-12 Maret 2022. (rnp)

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo