mobilinanews

Rescue IMI DKI Jakarta Gelar Pelatihan Pertolongan Pada Korban Banjir di Buperta Cibubur

Senin, 28/02/2022 00:38 WIB
Rescue IMI DKI Jakarta Gelar Pelatihan Pertolongan Pada Korban Banjir di Buperta Cibubur
Rescue IMI DKI Jakarta gelar pelatihan pertolongan pada korban banjir (water rescue) di Buperta Cibubur

mobilinanews (Cibubur) - Rescue IMI DKI Jakarta menyelenggarakan training Water Rescue bagi komunitas otomotif roda dua mapun roda empat di Kolam Renang Bumi Perkemahan (Buperta) Cibubur, Depok, Sabtu - Minggu (26-27/2/2022).

Seremonial opening tepat pukul 09.00 WIB oleh Ketua IMI DKI Jakarta Anondo Eko didampingi Sekum IMI DKI Jakarta Dodi Irawan.

Ada 70 orang peserta tergabung dalam Rescue IMI DKI Jakarta terdiri dari anggota klub dan relawan Rescue seperti disampaikan Bro Ivan Gustian selaku Ketua Rescue IMI Dki Jakarta.

Program pelatihan ini mencakup teori dan praktek di mana evakuasi dan penyelamatan menggunakan perahu serta pelampung dengan instruktur  berpengalaman dari BNPB.

Rescue IMI DKI Jakarta menurunkan property 2 unit perahu karet dan perlengkapan evakuasi yang telah dimiliki tim Rescue IMI DKI.

Menurut Rudi Sumarno, Ketua pelaksana kegiatan water rescue, pentingnya anggota komunitas KR 2 dan KR 4 memahami teknik penyelamatan kebencanaan yang menjadi dasar ketika membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Pada kegiatan basic support water rescue ini diajarkan teknik dasar penyelamatan saat banjir tiba atau saat melakukan penyelamatan terhadap korban yang terbawa arus serta menyelamatkan korban yang tenggelam saat berenang," terang Rudi Sumarno.

Ketua IMI DKI Anando Eko sangat mendukung terselenggaranya kegiatan ini dan memberikan arahan agar seluruh peserta dan panitia tetap bersemangat serta tetap mejalankan Prokes sesuai anjuran pemerintah.

"Ayo, kita bersama terus bersemangat, bersinergi  menumbuhkembangkan jiwa sosial serta tetap menjalankan Prokes kepada relawan Rescue IMI DKI Jakarta saat kegiatan ini berlangsung," ujar Anondo Eko yang diamini Sekum Dodi Irawan.

Dengan 75 peserta yang mengikuti Peta Kompas kali ini dibagi menjadi 10 kelompok, kemudian setiap kelompok harus menjawab beberapa pertanyaan seputar Peta Kompas di setiap Pos yang disiapkan panitia. 

Hal itu sangat berguna dan bermanfaat dalam berkegiatan di alam, khususnya kegiatan eksplorasi gunung, penjelajahan hutan, ataupun saat melakukan pencarian serta penanganan terhadap korban.

Saat sampai di Pos terakhir, pengetahuan peserta yang diperoleh di masing-masing Pos, kemudian dievaluasi kembali oleh Ketua Rescue IMI DKI bro Ivan Gustian. Serta diberikan perhargaan berupa emblem Peta Kompas sebagai tanda bahwa peserta telah Lulus menyelesaikan pelatihan. 

Selanjutnya diakhiri dengan api unggun di mana kegiatan tersebut seluruh peserta dan panitia pelaksana masuk sesi tanya jawab.

Sungguh luar biasa para peserta senang sekaligus gembira karena mendapatkan penjelasan secara mendetail dari ketua Rescue IMI DKI Ivan Gustian dalam segala aspek yang berhubungan dengan Rescue.

Dalam sesi api unggun ini membuat suasana kegembiraan, kebersamaan serta memupuk kerjasama  dan  mempererat persudaraan sekaligus membangun Jiwa Rescue seluruh peserta kegiatan.

"Sepulang dari kegiatan basic support water rescue seluruh peserta semakin memahami manfaat menjadi anggota komunitas atau organisasi yang ada di tengah masyarakat," ujar Bro Ivan.

Kegiatan basic support water rescue IMI DKI Jakarta kali ini mendapat support dari PT Mutiara Fibrindo, RS Yarsi, Rachma Group, YBPP Karawang, San Auto Care, AS Berjaya, PT RBM Susu Nusantara, Kimia Farma, Ambulance Syariah, Thule, Kopimino, Swez Inofation, Mobil Peduli Kemanusiaan dan Yayasan Persaudaraan Bhakti Nusantara. (bs)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo